Ribuan Petani Tembakau Daftar BPJS Ketenagakerjaan

Antara    •    Selasa, 11 Aug 2015 10:57 WIB
bpjs ketenagakerjaan
Ribuan Petani Tembakau Daftar BPJS Ketenagakerjaan
Ilustrasi petani tembakau. (Foto: Antara/Syaiful Arif)

Metrotvnews.com, Mataram: Sebanyak 8.700 petani tembakau virginia di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, mendaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan secara mandiri. Besaran premi Rp16.800 per bulan.

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan NTB, Sudiono, mengatakan petani tembakau virginia yang jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan merupakan mitra dari sejumlah perusahaan rokok di Pulau Lombok. Mereka mendaftar secara mandiri karena para petani dikategorikan pekerja bukan penerima upah dari perusahaan atau majikan.

Sudiono mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Biro Ekonomi Sekretariat Daerah NTB terkait program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi petani tembakau virginia tersebut. "Rencananya kami akan luncurkan program ini pada 20 Agustus 2015 di Kabupaten Lombok Timur," kata Sudiono di Mataram, Selasa (11/8/2015).

Sudiono menyebut, besaran premi yang dibayarkan petani tembakau Rp16.800 per bulan. Manfaat yang akan diperoleh, yakni biaya transportasi dari tempat kecelakaan kerja ke rumah sakit, tempat layanan medis, dan santunan jika mengalami cacat tetap.

Selain itu, santunan meninggal dunia untuk ahli waris sebesar 48 x Rp1,4 juta atau sesuai upah minimum kabupaten/kota. Serta beasiswa bagi anak yang ditinggalkan sebesar Rp12 juta. Sedangkan petani yang meninggal dunia karena sakit mendapat santunan sebesar Rp18,4 juta.

"Dengan santunan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan kepada ahli waris diharapkan bisa dimanfaatkan untuk modal usaha, sehingga keluarga yang ditinggalkan tidak menjadi rakyat miskin baru," kata Sudiono.


(SAN)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

12 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA