Kaligis Berkeras tak Mau Teken Berkas Perkara

Surya Perkasa    •    Selasa, 11 Aug 2015 12:00 WIB
oc kaligis tersangka
Kaligis Berkeras tak Mau Teken Berkas Perkara
OC Kaligis ditahan----Ant/Vitalis Yogi

Metrotvnews.com, Jakarta: Berkas penyidikan perkara suap yang menyeret O.C. Kaligis sudah dinyatakan rampung alias P21. Tapi, kabar tersebut tak direspon positif kubu Kaligis. Padahal, kubu tersangka biasanya senang proses penyidikannya sudah beres.

Humphrey Djemat, salah seorang penasihat hukum Kaligis, mengatakan, kliennya bakal menolak menandatangani pelimpahan berkas. "Sebelumnya Pak O.C. juga enggak mau tanda tangan. Kemarin juga untuk perpanjangan penahanan, juga tidak mau ditandatangani. Kan tidak mungkin orang dipaksa atau diseret untuk tanda tangan," kata Humphrey di Gedung KPK, Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (11/8/2015).

Namun, Humphrey yakin KPK punya mekanisme sendiri supaya Kaligis mau meneken berkas. KPK biasanya punya cara menyiasati persoalan ini. Kaligis pun sudah dipanggil buat menandatangani berkas. Namun, diduga, Kaligis bakal tak mau diperiksa dan memilih berada di Rumah Tahanan KPK cabang POM DAM Jaya Guntur.

"Kita tahu kondisi Pak Kaligis labil. Tensinya sangat tinggi. Tapi, penyidik sudah memperhitungkan, kalau tidak bisa datang ke Gedung KPK, tetap akan dilakukan di Rutan Guntur," kata Humphrey.

Kaligis diduga terlibat menyuap hakim Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Medan. Penangkapan Kaligis merupakan hasil pengembangan penyidik dari pemeriksaan tersangka lainnya.

Tersangka penerima suap adalah Ketua PTUN Medan Tripeni Irianto Putro, Amir Fauzi hakim, dan Dermawan Ginting, serta panitera Syamsir Yusfan. Tersangka penyuap pengacara dari kantor advokat O.C. Kaligis, M. Yagari Bhastara Guntur alias MYB alias Gerry.

Hasil pengembangan terhadap mereka, penyidik KPK kemudian menangkap Kaligis. KPK juga menetapkan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo dan istri mudanya, Evy Susanti sebagai tersangka. Gatot dan Evy juga telah ditahan karena turut tersangkut kasus ini. Dua nama terakhir diduga sumber uang suap.

Tak puas dengan penangkapan dan penetapan dirinya sebagai tersangkan, Kaligis mengajukan praperadilan. Praperadilan Kaligis terdaftar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan nomor register 72/Pid.Prap/2015/PN.Jkt.Sel. Kaligis resmi menjadi tersangka kasus dugaan suap hakim PTUN Medan dan ditahan di Rumah Tahanan Guntur.

Kaligis diduga melanggar Pasal 6 Ayat 1 huruf a dan Pasal 5 Ayat 1 huruf a atau huruf b dan atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah UU 20 Tahun 2010 Jo. Pasal 64 Ayat 1 Jo. Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.


(TII)

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

1 hour Ago

Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disebut-sebut sebagai salah satu orang yang menerima …

BERITA LAINNYA