Peringati Hari Anak, Jokowi Tekankan Pembangunan Kultur Sejak Dini

Desi Angriani    •    Selasa, 11 Aug 2015 13:46 WIB
hari anak nasional
Peringati Hari Anak, Jokowi Tekankan Pembangunan Kultur Sejak Dini
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) mengunjungi gerai Kampung Dongeng pada acara puncak Peringatan HAN 2015 di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/8/2015). Foto: Widodo S Jusuf/Antara

Metrotvnews.com, Bogor: Presiden Joko widodo menekankan pentingnya pembangunan kultur sejak dini guna menciptakan generasi bangsa yang berkarakter. Itu dikatakan Jokowi usai menghadiri puncak peringatan Hari Anak Nasional 2015.    

Acara tersebut digelar di halaman belakang gedung induk Istana Kepresidenan Bogor, Selasa, (11/8/2015). "Yang paling penting membangun kultur, kita dapatkan anak-anak yang punya karakter, kepribadian, yang punya jati diri Indonesia," kata Jokowi

Jokowi menyadari pembangunan kultur tidak bisa instan, tapi harus jangka panjang. Selain itu, pembangunan kultur menjadi tanggung jawab keluarga serta lingkungan, bukan hanya pemerintah. 

"Membangun nilai-nilai dan itu membutuhkan jangka yang panjang. Siapa yang melakukan itu bukan hanya pemerintah, bukan hanya sekolah tapi juga keluarga, tapi juga lingkungan masyarakat," tutur dia.

Jika kultur sudah dibangun, Jokowi meyakini Indonesia akan terbebas dari kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan kasus kekerasan seksual.

"Ya itu sama membangun nilai. Kultur yang santun, penuh tata krama, kultur kerja keras," oungkas dia.

Sekadar untuk diketahui, Hari Anak Nasional (HAN) jatuh tiap 23 Juli di setiap tahunnya. Namun, karena berbagai alasan, peringatan HAN baru dapat digelar pada Agustus Ini.

Tema peringatan HAN 2015 kali ini adalah "Wujudkan Lingkungan dan Keluarga Ramah Anak" dengan tiga sub tema, yaitu bangun karakter anak Indonesia yang berkualitas dan berahlak mulia, wujudkan ketahanan keluarga untuk mendorong tumbuh kembang anak Indonesia yang sehat dan berprestasi, serta wujudkan rekonstruksi sosial dalam menciptakan lingkungan yang melindungi hak anak.


(KRI)

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

2 hours Ago

Kasus hukum yang menjerat Novanto adalah pidana dan di luar tugas pokok dan fungsi (tupoksi) an…

BERITA LAINNYA