Tiongkok Harapkan Dukungan JK dalam Proses Kereta Cepat

Dheri Agriesta    •    Selasa, 11 Aug 2015 14:19 WIB
kereta cepat
Tiongkok Harapkan Dukungan JK dalam Proses Kereta Cepat
Kereta cepat shinkansen Dok: Times

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pembangunan Nasional dan Reformasi Tiongkok Xu Siaoshi menyambangi Wakil Presiden Jusuf Kalla. Xu mengharapkan dukungan JK terkait proyek pembangunan kereta cepat yang sedang dijajaki Tiongkok.

Xu datang sekitar pukul 10.00 WIB di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (10/8/2015). Ia menghabiskan waktu sekitar satu jam di dalam ruangan Wapres JK.

"Saya secara jelas menjelaskan proposal Tiongkok mengenai pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung," kata Xu usai pertemuan.

Xu menyebut, JK memberikan tanggapan positif mengenai kerja sama ini. Ia pun merasa terharu dengan tanggapan yang diberikan JK sehingga berjanji akan melaksanakan rencana pembangunan ini dengan baik seandainya disetujui.

Xu telah berdiskusi secara mendalam dengan orang nomor dua di republik ini terkait proyek pembangunan kereta cepat ini. Ia berharap Wapres JK mendukung kerja sama dua pihak dalam pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung ini.

“Kami juga sangat menantikan dukungan Wakil Presiden untuk selalu mendukung kedua belah pihak dalam pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung," kata dia.

Xu tak ingin merinci berapa nilai investasi yang akan ditanamkan dalam proyek kereta cepat ini. Selain kereta cepat, ia juga membahas bagaimana meningkatkan kerja sama di sektor perdagangan.

"Kami sepakat bahwa kerja sama dua negara harus ditingkatkan, khususnya dibidang infrastruktur dan pembangunan kapasitas produksi," pungkas Xu.

Sebelumnya, Xu telah bertemu dengan Menteri Badan Perencanaan Nasional Andrinof Chaniago, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, dan Menteri Koordinator Perekenomian Sofyan Djalil.

Xu bahkan telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk menyerahkan proposal yang dimiliki Tiongkok. Xu mengklaim proposal yang dimiliki Tiongkok lebih murah dari yang dimiliki Jepang.


(SAW)

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

Ganjar Pranowo Bantah Tudingan Nazaruddin

1 hour Ago

Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disebut-sebut sebagai salah satu orang yang menerima …

BERITA LAINNYA