2015, Total Merger dan Akuisisi Diperkirakan Capai USD9 Miliar

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 11 Aug 2015 15:10 WIB
merger
2015, Total Merger dan Akuisisi Diperkirakan Capai USD9 Miliar
Perekonomian Indonesia Dok:Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Sepanjang tahun ini, total perusahaan di Indonesia yang melakukan aksi korporasi merger dan akuisisi diperkirakan mencapai USD9 miliar, bahkan bisa lebih tinggi dari nilai perkiraan tersebut.

Demikian disampaikan oleh APAC Lead for Merger & Acquisition (M&A) Accenture Strategy Bruce Delteil, ketika ditemui saat konferensi pers, di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Selasa (11/8/2015).

"Angka merger dan akuisisi bisa mencapai USD9 miliar di tahun ini, bisa lebih juga. Angka USD9 miliar sama dengan raihan di tahun lalu," kata dia.

Raihan yang bisa digapai tersebut jika  pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami perbaikan, nilai tukar rupiah yang menguat terhadap mata uang dolar AS (USD), dan kebijakan politik pemerintah yang cukup baik bagi kalangan pelaku usaha (investor).

"Siapa pun yang menjadi investor, mereka melihat apakah ada peningkatan pertumbuhan ekonomi di sini, apakah mata uang rupiah kuat atau tidak, ada kebijakan politik dari pemerintah yang cukup baik. Itu yang akan 
berpengaruh terhadap tingkat merger dan akuisisi di sini," sebut Bruce.

Selain itu, pengaruh ekonomi global juga mempengaruhi langkah merger atau akuisisi perusahaan di tahun ini, baik yang dilakukan di global maupun di Indonesia. 

"Sentimen itu datang dari The Fed yang akan menaikkan suku bunga di tahun ini, pengaruh juga bisa dari Eropa dan lain-lain," jelasnya.

Adapun prospek di 2016, Bruce meyakini, aksi merger dan akuisisi bakal lebih berjalan baik dari posisi tahun ini. 



(SAW)