Instruksi Untuk Ronny Sompie: Tingkatkan Pelayanan Keimigrasian

Surya Perkasa    •    Selasa, 11 Aug 2015 17:58 WIB
kemenkumhamkeimigrasian
Instruksi Untuk Ronny Sompie: Tingkatkan Pelayanan Keimigrasian
Ronny F Sompie memberikan keterangan pers pertama di Gedung Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Selasa (11/8/2015). Foto: M Irfan/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Sehari setelah resmi menjabat Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Ronny Franky Sompie langsung mendapat instruksi dari Menkumham Yasonna Laoly. Bekas Kapolda Bali itu diperintah untuk meningkatkan layanan keimigrasian. 

"Ditjen Imigrasi ditekankan tentang peningkatan pelayanan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) keimigrasian," ungkap Ronny di Kantor Direktorat Jenderal Imigrasi, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa (11/8/2015).

Ronny mengatakan, imigrasi berada di garda terdepan dalam mencegah dan menjaga keamanan negara. Imigrasi juga berfungsi melindungi warga negara Indonesia.

"Upaya pencegahan di bidang keimigrasian dan jaga negara dari gangguan yang bersifat kriminalitas, terorisme, peredaran gelap narkoba, trafficking, smuggling, TKI ilegal, dan masuknya orang asing untuk transit ke negara tujuan," terang Ronny.

(klik: Ronny Sompie Resmi Jabat Dirjen Imigrasi Kemenkumham)

Kedaulatan negara, pelayanan administrasi keimigrasian dan kerjasama dengan berbagai pihak juga sangat terkait. Imigrasi merupakan deteksi dini pencegahan masalah seputar keimigrasian dan kriminalitas lintas negara.

"Imigrasi bisa beri info kepada pihak terkait. Setelah dapat data awal bisa lakukan pencegahan atau pencekalan," kata dia.

Karena alasan itu kerjasama antarlembaga juga akan ditingkatkan. Misalnya dengan Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, BNP2TKI, Polri, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Badan Narkotika Nasional dan lembaga-lembaga lain.

"Ini upaya pencegahan dengan modal kerja sama," kata dia.


(KRI)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

1 hour Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA