Pilkada Surabaya 2015

Berkas Rekomendasi PAN untuk Rasiyo-Dhimam Dipertanyakan

Amaluddin    •    Selasa, 11 Aug 2015 20:00 WIB
pilkada serentak
Berkas Rekomendasi PAN untuk Rasiyo-Dhimam Dipertanyakan
Bakal calon wali kota Surabaya Rasiyo. Foto: Antara/Ari Bowo

Metrotvnews.com, Surabaya: Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Surabaya, Wahyu Hariadi, mempertanyakan keaslian berkas pendaftaran pasangan calon Rasiyo-Dhimam Abror Djuraid untuk mengikuti pemilihan kepala daerah Kota Surabaya.

Berkas dari DPP PAN tersebut dipertanyakan karena masih berupa dokumen hasil scan yang dikirim melalui surat elektronik ke pengurus daerah.

"Dokumen hasil print email itu tidak dibubuhi cap atau stempel basah dari DPP. Maka itu, kami akan teliti lagi karena yang menerima KPU, kami belum melakukan penelitian. Nanti masih ada rapat pleno dengan KPU Kota Surabaya untuk memastikan kelengkapan dokumen pendaftaran," ujarnya, kepada wartawan, setelah menerima pendaftaran paslon yang diusung Partai Demokrat-PAN itu, di lantai tiga kantor KPU kota Surabaya, Selasa (11/8/2015).

Wahyu menjelaskan ada tiga persyaratan mutlak yang harus dipenuhi pasangan calon. Pertama, harus mendapatkan surat rekomendasi dari DPP partai pengusung. Kedua, surat pernyataan kesiapan menjadi calon wali kota/calon wakil wali kota. Ketiga, surat pernyataan dukungan dari masing-masing DPC partai atau partai pendukung kepada pasangan calon.

"Tadi saya lihat surat rekomendasi yang belum ada stempel hanya rekomendasi dari DPP PAN. Kalau DPP Partai Demokrat sudah lengkap," katanya.

Menurutnya, seluruh dokumen yang diserahkan harus merupakan dokumen asli, bukan scan. "Oleh karena itu, kami akan sidang plenokan nanti," tandasnya.


(UWA)