Chef Osawa Gelar Demo Masak Washoku di Binus

   •    Selasa, 11 Aug 2015 22:42 WIB
indonesia-jepang
Chef Osawa Gelar Demo Masak Washoku di Binus
Shuichi Osawa, chef asal Jepang, melakukan demo masakan khas Negeri Sakura di Universitas Binus, Jakarta, Selasa (11/8/2015). (Foto: MTVN / Harianty)

Metrotvnews.com, Jakarta: Juru masak Shuichi Osawa melakukan acara demo membuat masakan khas Jepang di Universitas Bina Nusantara, Jakarta Barat, Selasa (11/8/2015).

Chef Osawa mengenalkan Washoku atau masakan tradisional Negeri Sakura dengan menjalankan tiga sesi demo: membuat sashimi, dashi (kaldu) dan sushi. Pria yang sudah tujuh tahun tinggal di Indonesia ini juga mengajarkan teknik mengasah pisau.

"Washoku dimulai sejak 15 ribu tahun lalu sejak zaman Zomon (tembikar)," ujar chef yang pernah menjadi relawan di Yogyakarta pada 2009 itu.

Menurut Osawa, karakteristik Washoku adalah menghargai rasa asli bahan makanan dan tidak terlalu banyak menggunakan bumbu. Washoku sampai sekarang masih menjadi tradisi sehari-hari masyarakat Jepang.

"Washoku terbentuk dari tiga komponen, yaitu nasi, sup dan lauk pauk," ujar Chef Osawa.

Pada demo masak tersebut, Chef Osawa mengajak beberapa peserta membuat sushi. "Ternyata gampang, mungkin bahan saja yang susah didapat," kata Seruni, salah satu peserta demo yang juga pegawai di Binus.

Acara demo memasak terselenggara atas kerja sama Kedutaan Besar Jepang dengan Universitas Binus dalam rangka mempererat persahabatan kedua negara dan memperkenalkan budaya Jepang. (Harianty)


(WIL)