Ini Cara Chef Osawa Membuat Sashimi dan Sushi

   •    Selasa, 11 Aug 2015 23:21 WIB
indonesia-jepang
Ini Cara Chef Osawa Membuat Sashimi dan Sushi
Chef asal Jepang Shuichi Osawa (tengah) mengajarkan mahasiswa cara membuat masakan khas Negeri Sakura di Universitas Binus, Jakbar, Selasa (11/8/2015). (Foto: MTVN / Harianty)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam rangka memperkenalkan Washoku (masakan tradisional Jepang), chef Shuichi Osawa memamerkan keahliannya membuat sashimi dan sushi di Universitas Bina Nusantara, Jakarta Barat, Selasa (11/8/2015).

"Rata-rata tiga tumpukan daging, jumlahnya tidak boleh empat karena dalam bahasa Jepang arti angka empat kurang bagus," ungkapnya saat mengajarkan teknik memotong ikan segar dan sayur.

Setelah sashimi, Chef Osawa melanjutkan cara membuat dashi (kaldu) dan sushi. Mahasiswa, staf pengajar dan awak media diperbolehkan mencoba hasil karya sang juru masak.  

"Sushinya pas, rasio isi pas untuk porsi di mulut. Isi sushinya pun tidak lepas, enak," ujar Arta, salah satu pegawai Universitas Binus.

Akhsel, mahasiswa Sastra Jepang Universitas Binus, mengaku tertarik membuat sushi setelah melihat langsung tahapan-tahapannya. 

Menurut Osawa, karakteristik Washoku adalah menghargai rasa asli bahan makanan dan tidak terlalu banyak menggunakan bumbu. Washoku sampai sekarang masih menjadi tradisi sehari-hari masyarakat Jepang.

"Washoku dimulai sejak 15 ribu tahun lalu sejak zaman Zomon (tembikar)," ujar chef yang pernah menjadi relawan di Yogyakarta pada 2009 itu.

Acara demo memasak terselenggara atas kerja sama Kedutaan Besar Jepang dengan Universitas Binus dalam rangka mempererat persahabatan kedua negara dan memperkenalkan budaya Jepang. (Harianty) 


(WIL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA