Ketua BNP2TKI: PJTKI Nakal Disembelih Saja

Fajar Nugraha    •    Rabu, 12 Aug 2015 00:16 WIB
tki
Ketua BNP2TKI: PJTKI Nakal Disembelih Saja
Ketua BNP2TKI Nusron Wahid. (Foto: Antara / Hafidz Mubarak)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid akan menindak keras Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) atau pihak lain yang merugikan TKI. 

"(Buat PJTKI yang nakal) Ya disembelih ae (saja). Enggak usah ada ampunan," ujar Nusron, di sela-sela acara Pertemuan 1.000 TKI dan Diaspora Indonsia, di Djakarta Theater, Jakarta, Selasa (11/8/2015). 

Selain PJKTKI, Nusron menyebut kerap ada individu nakal yang juga merugikan TKI. "Jadi calo individu punya hubungan dengan agen di luar negeri. Berangkat tanpa paspor, tanpa konfirmasi dengan kita terutama di Malaysia," lanjut dia. 

Nusron menambahkan ada juga beberapa TKI yang memanfaatkan kebebasan visa ke Timur Tengah dengan visa kunjungan dengan visa ziarah atau bahkan visa umrah.

"Sementara moratorium yang kita lakukan disini tidak di recognition (diakui) dengan negara setempat jadi kita minta moratorium, tapi negara setempat tetap membuka. Jadi padahal ada supply and demandnya, supply-nya masuk terus. Jadi beragam modus," tutur Nusron.

"Jadi bukan PT (PJTKI). Kalau PT gampang tinggal panggil cabut izinnya. Individu ini pidana murni, ada koordinasi dengan polisi, ada koordinasi dengan imigrasi. Imigrasinya sendiri tidak mau menahan orang keluar negeri. Pokoknya selama dia pegang visa, paspor, jalan," tegasnya.

Jika dilihat dari hulu, Nusron mengakui masalah TKI memang kompleks. Akibat masalah di hulu ini, munculah masalah di luar negeri. Tetapi menurut Nusron, ada juga sejumlah pihak yang memang berniat membuat masalah terkait TKI.


(WIL)

Hakim Tolak Eksepsi KPK

Hakim Tolak Eksepsi KPK

41 minutes Ago

Itu berarti, proses praperadilan terhadap Novanto bakal dilanjutkan ke tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA