KPK Periksa Staf Ahli Gubernur Jateng dalam Kasus Hambalang

   •    Senin, 27 May 2013 11:28 WIB
KPK Periksa Staf Ahli Gubernur Jateng dalam Kasus Hambalang
Dok.MI/ip

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi terus mengusut perkara dugaan tindak pidana korupsi dalam pengadaan sarana dan prasarana Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

KPK pada Senin (27/5) hari ini, memanggil Staf Ahli Gubernur Jawa Tengah, Muhammad Tamzil.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tiga tersangka," kata Kabag Informasi dan Pemberitaan, Priharsa Nugraha, saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin (27/5).

Belum diketahui apa hubungan Tamzil dalam kasus senilai Rp2,5 triliun yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat, tersebut.

Tidak hanya Tamzil, KPK juga memanggil Direktur CV Rifa Medika, Lisa Lukitawati Isa. Sama seperti Tamzil, Lisa juga akan diperiksa untuk tiga tersangka Hambalang.

Seperti diketahui, KPK sudah menetapkan tiga tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Hambalang. Mereka adalah Mantan Menteri Pemuda dan Olahrga Andi Alifian Mallarangeng, mantan Kepala Biro Rumah Tangga Kemenpora Deddy Kusdinar serta Ketua Kerja Sama Operasi Hambalang Adhi-Wika, Teuku Bagus Muhammad Noor.

Adapun dalam perkara gratifikasinya, KPK menetapkan mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum sebagai tersangka.

Hasil Audit Investigatif Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), total kerugian negara dari kasus Hambalang mencapai Rp243 miliar. Sebelumnya, KPK juga sudah membuka penyelidikan dalam perkara pengadaan barang dalam proyek yang sama.