Staf KBRI Doha Panen Kurma di Pekarangan Wisma Duta

Willy Haryono    •    Rabu, 12 Aug 2015 00:43 WIB
indonesia-qatar
Staf KBRI Doha Panen Kurma di Pekarangan Wisma Duta
Staf KBRI Doha memanen kurma di Wisma Duta di Doha, Qatar, 6 Agustus 2015. (Foto: KBRI Doha)

Metrotvnews.com, Doha: Kurma adalah buah khas Timur Tengah yang akrab disantap masyarakat Indonesia. Namun bagaimana jika orang Indonesia memanennya langsung dari pekarangan rumah di wilayah Timur Tengah yang dikenal beriklim panas ekstrem?

Hal tersebut dialami sejumlah staf Kedutaan Besar Republik Indonesia di Doha, Qatar, beserta keluarganya pada 6 Agustus 2015 lalu. Mereka diundang Duta Besar RI Doha, Deddy Saiful Hadi dan Ibu Endang Deddy Hadi untuk mengadakan kegiatan panen kurma di halaman Wisma Duta, rumah kediaman sang Dubes.

Panen kurma di halaman belakang Wisma Duta merupakan kegiatan rutin tahunan KBRI Doha yang bertujuan mempererat tali silaturahmi seluruh Keluarga Besar KBRI Doha saat musim panas.

Duta Besar Vietnam HE. Mr. Nguyen Huang dan istrinya Madam Chau Anh, serta Dubes Afrika Selatan HE. Mr. Saad Cachalia juga turut hadir pada acara panen kurma tersebut.

Suasana keakraban bak keluarga begitu terasa. Bagi Dubes Vietnam dan istri serta Dubes Afrika Selatan, ini adalah pengalaman pertama memanen kurma secara langsung dan memakannya tanpa dicuci terlebih dahulu. 

Tanpa ragu Dubes Deddy dan Ibu Endang turun langsung memotong jaring yang melindungi kurma dari serangan hama dan menyicipi rutob (kurma muda) tanpa dicuci terlebih dahulu. Dubes Vietnam dan istri serta Dubes Afrika Selatan mengikuti. Konon, kurma muda dikenal masyarakat Timur Tengah bermanfaat bagi kesehatan, terutama ibu menyusui.

Usai salat Magrib, panen kurma dilanjutkan acara ramah tamah yang menghidangkan menu bakso. Hasil panen kurma kemudian dibagi-bagikan ke Dubes Vietnam dan Dubes Afrika Selatan, seluruh keluarga besar KBRI Doha, beberapa tetangga, dan petugas keamanan yang berjaga di KBRI Doha. 

Panen tahun ini lebih cepat karena cuaca lebih panas dibandingkan tahun sebelumnya.



(WIL)