Berkat Pedro, Barcelona Juara Piala Super Eropa 2015

Kautsar Halim    •    Rabu, 12 Aug 2015 05:33 WIB
liga dunia
Berkat Pedro, Barcelona Juara Piala Super Eropa 2015
Para pemain Barcelona merayakan kemenangannya (AP Photo/Shakh Aivazov)

Metrotvnews.com, Tbilisi: Barcelona sukses menjuarai Piala Super Eropa 2015. Prestasi itu mereka raih setelah bertarung sengit kontra Sevilla, Rabu 12 Agustus dini hari WIB. Barcelona harus berjuang keras untuk gelar ini karena sempat ditahan 4-4 pada waktu normal.

Penyerang Barca, Pedro, yang digadang-gadang akan Manchester United sukses menjadi pahlawan dalam laga ini. Ia membuat kedudukan menjadi 5-4 saat perpanjangan waktu babak kedua dimainkan.

Sementara itu, sang bintang dunia Lionel Messi masih menjadi sosok yang paling berpengaruh karena sempat menyumbang dua gol.    

Babak I

Bertanding di Stadion Boris Paichadzis Erovnuli, kedua tim sama-sama agresif ketika memulai pertandingan. Tapi, Sevilla yang merupakan juara bertahan Liga Europa malah sukses mencuri gol lebih dulu.

Laga baru berjalan tiga menit, bek Barca Javier Mascherano melakukan pelanggaran kepada Jose Antonio Reyes yang berbuah kerugian besar untuk timnya. Ever Banega yang dipercaya mejadi algojo atas tendangan bebas tersebut sukses membuat Sevilla unggul 1-0 lebih dulu. Tendangan bebas tercipta cantik dari jarak 20 yard.

Beruntung tiga menit kemudian Messi mampu menyamakan kedudukan untuk Barca. Gol pada menit keenam itu ia cetak lewat tendangan bebas yang caranya tidak jauh berbeda dengan gol Banega. Tendangan bebas ini didapat setelah bek Sevilla, Grzegorz Krychowiak menjatuhkan Luis Suarez.  

Menariknya, pada menit ke-16 Messi juga berhasil melancarkan sebuah tendangan bebas lagi dengan sempurna. Ia sukses membalik keunggulan menjadi 2-1 lewat tendangan bebas keduanya yang jarak yang lebih jauh dari sebelumnya, 25 yard.

Dengan terciptanya gol tersebut artinya sudah 10 gol yang Messi koleksi dari gawang Sevilla. Mencetak dua gol dari tendangan bebas dalam satu pertandingan adalah hal baru dalam karier Messi.

Menjelang laga usai atau pada menit ke-44, Rafinha sukses menutup kemenangan sementara Barca menjadi 3-1. Saat itu, golnya tercipta setelah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Sevilla, Beto. Sebelum mencetak gol, Rafinha juga berhasil melakukan aksi individu yang menarik ketika melewati gelandang bertahan Michael Krohn-Dehli.

Babak II

Tempo cepat dan permainan terbuka yang dilancarkan kedua tim masih belum berubah di babak ini. Barca yang di atas angin dengan keunggulan sementaranya tampil lebih percaya diri dan mulai mencetak gol lagi pada menit ke-52. Saat itu, adalah striker Luis Suarez merubah kedudukan menjadi 4-1.

Sedikit demi sedikit, Sevilla mulai berani untuk menyusul sang juara bertahan Liga Champions tersebut. Gelandang serang Jose Antonio Reyes sukses membuat kedudukan menjadi 4-2 pada menit ke-57 setelah memanfaatkan umpan Vitolo yang ditendangnya dengan terarah.  

Tidak lama setelah kapten Barca Andres Iniesta digantikan dengan Sergi Roberto, permainan Sevilla terbukti makin memanas. Mereka kembali mencetak gol pada menit ke-72 setelah memanfaatkan hadiah penalti yang dieksekusi striker Kevin Gameiro. Gelandang Yevhen Konoplyanka, sukses menjadi pahlawan Sevilla dalam laga ini. Ia mencetak gol pada menit ke-81 dan membuat laga harus dilanjutkan dengan memainkan waktu tambahan. Penyerang anyar Sevilla Ciro Immobile mejadi sosok penting untuk membuat kedudukan ini menjadi 4-4. Saat itu, Ia yang menggantikan Kevin Gameiro sukses memberikan assist kepada Konoplyanka.

Tambahan Waktu I

Laga baru berjalan dua menit, Ciro Immobile terpaksa diganjar kartu kuning oleh wasit. Sanksi itu harus ia terima karena telah melanggar Javier Mascherano. Meski begitu, pelatih Barca Luis Enrique mengambil keputusan menarik. Ia memilih memainkan striker Pedro dan menggantikan bek Javier Mascherano.

Jalannya laga berlangsung makin keras dan cepat di babak pertama tambahan waktu ini. Gerrard Pique yang merupakan bek tengah Barca terpaksa harus tersungkur karena hidungnya berdarah kena sikut Ciro Immobile. Wasit sempat memberikan sanksi kartu kuning untuk Immobile akibat perbuatan tidak terpujinya itu.

Tambahan Waktu II

Setelah tidak ada gol yang tercipta di sepanjang waktu tambahan babak pertama, kedua tim mulai makin agresif menggelar babak kedua waktu tambahan. Bintang Barca, Messi, berhasil melancarkan tendangan salto pada menit ke 109.  Sayang, arahnya masih kurang akurat.

Lima menit waktu akan berakhir, kontribusi Pedro makin terasa. Pemain yang digadang-gadang akan hengkang ke Manchester United itu sukses mencetak go.  Terciptanya gol penentu ini tidak luput atas peran Messi karena ia sempat melancarkan tendangan bebas yang membuat Pedro mendapatkan bola muntah.

Sampai dengan waktu selesai, kedudukan 5-4 untuk kemenangan Barca masih belum berubah. Sevilla masih gagal untuk mencuri gol meskipun sudah beberapa kali mengganti pemainnya. Dengan ini, Barca sukses menyamai rekor AC Milan karena mereka sudah sama-sama pernah memenangkannya lima kali.

Berikut susunan pemain Barcelona vs Sevilla:

Barcelona:Ter Stegen, Alves, Piqué, Mascherano, Mathieu, Busquets, Iniesta, Rafinha, Rakitic, Messi and Suárez.

Sevilla: Beto, Coke, Rami, Krychowiak, Trémoulinas, Krohn-Dehli, Banega, Reyes, Iborra, Vitolo, Gameiro.


(KAU)