Ini yang Dimaksud PPATK, Rekening 10 Capim KPK Mencurigakan

M Rodhi Aulia    •    Rabu, 12 Aug 2015 06:35 WIB
capim kpk
Ini yang Dimaksud PPATK, Rekening 10 Capim KPK Mencurigakan
Ilustrasi Gedung KPK -- Metrotvnews.com/Rizky Ferdiansyah

Metrotvnews.com, Jakarta: Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan sejumlah transaksi mencurigakan milik 10 orang calon pimpinan KPK. Transaksi mencurigakan itu di antaranya terlihat dari nominal gaji yang timpang dengan transaksi yang ada.

"Misalnya, dia punya gaji Rp10 juta, tapi masuk di rekenignya Rp100 juta, Rp300 juta, dan Rp500 juta. Itu sesuatu yang tidak lazim," kata Kepala PPATK M Yusuf saat dihubungi Metrotvnews.com, Selasa (11/8/2015) malam.

Nominalnya tidak hanya sampai di situ. Yusuf menyebut transaksi yang dianggap menyimpang ini, mencapai miliaran rupiah. Transaksi itu masuk ke rekening capim itu sendiri, dan atau ke keluarganya.

"Kalau calonnya laki-laki, maka kita juga telusuri rekening istri dan anak-anaknya dan sebaliknya," ungkap dia.

Yusuf menduga, para capim tersebut berupaya menyamarkan hartanya. Kendati demikian, Yusuf enggan membeberkan identitas ke-10 capim tersebut. Kata dia, tidak etis, PPATK mengungkapkannya kepada publik. Pihaknya juga sudah melaporkan hasilnya kepada Presiden RI Joko Widodo.

"Kemarin sudah kita serahkan ke Istana," kata dia.

Diketahui, PPATK menemukan sejumlah transaksi mencurigakan di sejumlah rekening milik calon pimpinan KPK. Tercatat, ada sepuluh orang capim yang memiliki transaksi mencurigakan.

Kesepuluh calon itu memiliki indikasi kadar penyimpangan yang sangat kentara. Dari sejumlah transaksi keuangan milik capim dan keluarga bersangkutan penyimpangan berkisar ratusan juta hingga miliaran rupiah.

"Seperti ada modus menyamarkan harta," ujar Yusuf.


(REN)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

5 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA