Jokowi Lantik Rano Karno Siang Ini

Desi Angriani    •    Rabu, 12 Aug 2015 09:45 WIB
rano karno
Jokowi Lantik Rano Karno Siang Ini
Rano Karno dijadwalkan akan dilantik jadi Gubernur Banten definitif oleh Jokowi Rabu (12/8). (Antara/Asep Fathulrahman)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo akan melantik Rano Karno sebagai Gubernur Provinsi Banten definitif siang ini. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta, Rabu (12/8/2015).

"Pelantikan Gubernur Banten sisa masa jabatan tahun 2012-2017 di Istana Negara pukul 13.00 WIB," sebagaimana tertulis di agenda Presiden yang diterima Metrotvnews.com.

Pemeran Doel dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan ini pun menjadi gubernur kedua yang dilantik Jokowi di Istana setelah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Rano akan menggantikan gubernur Banten sebelumnya, Ratu Atut Chosiyah yang tersangkut perkara suap. Atut diberhentikan setelah Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) memvonis bersalah karena menyuap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar sebesar Rp1 miliar.

Suap itu untuk memenangkan gugatan yang diajukan pasangan Amir Hamzah dan Kasmin. Keduanya merupakan mantan pasangan calon bupati Lebak, Banten.

Atas suap tersebut Atut divonis penjara empat tahun dan denda Rp200 juta subsider lima bulan kurungan. Namun, vonis itu bertambah tiga tahun setelah Mahkamah Agung menolak kasasi yang diajukan Atut. 

 


(SAN)