DKI Jakarta akan Beli Kapal Pembersih Sampah

   •    Senin, 27 May 2013 17:01 WIB
DKI Jakarta akan Beli Kapal Pembersih Sampah
ANTARA/Andika Wahyu/ip

Metrotvnews.com, Jakarta: Dinas Kebersihan DKI Jakarta akan membeli lebih dari sepuluh kapal yang digunakan khusus untuk membersihkan sampah di Kepulauan Seribu.

"Saat ini sebenarnya kami sudah punya empat kapal, satu di Pulau Seribu, tiga di bagian pesisir. Tapi masih belum cukup, makanya akan kami tambah, kira-kira jumlahnya lebih dari sepuluh," kata Kepala Dinas Kebersihan DKI
Unu Nurdin di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (27/5).

Menurut Unu, kapal-kapal yang akan dibeli tersebut di antaranya terdiri dari kapal kargo atau kapal pengeruk sekaligus pengangkut sampah, serta kapal patroli sampah. Dengan  kapa-kapal pembersih sampah dalam jumlah banyak, 
pembersihan di Kepulauan Seribu dapat dilakukan secara rutin dan menyeluruh.

"Selain itu, dengan adanya kapal-kapal ini, maka proses pembersihan tidak lagi dilakukan secara manual, tetapi menggunakan mesin, jadi prosesnya juga lebih cepat dan mudah," ujar Unu.

Ia mengungkapkan sampah-sampah yang telah diangkut oleh kapal pengeruk sampah, selanjutnya akan ditampung di suatu tempat khusus atau palka, setelah itu, baru kemudian dibawa ke darat. "Sementara itu, kalau kapal patroli tugasnya adalah berkeliling menyisir lokasi-lokasi yang banyak sampah, termasuk menyisir tempat kapal-kapal atau perahu-perahu bersandar, karena di bagian bawahnya, biasanya ada banyak sampah, sehingga mengakibatkan jangkar tersangkut dan kapal jadi tidak bisa bergerak," paparnya.

Unu menambahkan proses pengadaan kapal-kapal tersebut tidak dapat dilakukan secara singkat dan sekaligus, dalam waktu satu atau dua bulan misalnya, akan tetapi secara bertahap. (Ant)


Penyakit Novanto Kembali Bertambah

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

3 hours Ago

Setyo menduga vertigo yang diderita Novanto berasal dari penyakit sinusitisnya.

BERITA LAINNYA