Boko Haram Ledakkan Bom di Nigeria, 47 Orang Tewas

Fajar Nugraha    •    Rabu, 12 Aug 2015 10:42 WIB
boko haram
Boko Haram Ledakkan Bom di Nigeria, 47 Orang Tewas
Militan Boko Haram (Foto: EPA)

Metrotvnews.com, Borno: Ledakan bom terjadi di sebuah pasar padat pengunjung di Nigeria. 47 orang tewas dalam kejadian ini.

Ledakan ini terjadi pada Selasa (11/8/2015) pukul 1.30 sore waktu setempat di Kota Sabon Gari, wilayah Borno. Wilayah tersebut selama ini dianggap sebagai jantung kekuatan pihak Boko Haram.

"Hingga saat ini 52 orang terluka dalam kejadian tersebut, sementara 47 korban tewas sudah dipindahkan dari lokasi kejadian," ujar warga bernama Umar Kidda, seperti dikutip Reuters, Rabu (12/8/2015).

Menurut Kidda, ledakan terjadi ketika pasar tengah sibuk. Warga saat itu tengah berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Serangan ini mengundang kecaman dari banyak pihak. Bahkan Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengecam keras ulah dari para pelaku teror tersebut.

"Meski tidak ada individu atau kelompok yang bertanggungjawab atas serangan ini, namun serangan itu terjadi di wilayah di mana ratusan orang tewas dalam serangan yang dilakukan oleh Boko Haram dalam beberapa waktu terakhir," pernyataan pihak AS.

Dalam upayanya untuk mendirikan negara Islam di wilayah Nigeria, Boko Haram telibat pertempuran dengan pihak militer. Selama enam tahun konflik berlangsung ribuan orang dilaporkan tewas.

 


(FJR)