BI NTB Kembangkan Cabai di Luar Musim

Antara    •    Rabu, 12 Aug 2015 11:08 WIB
bank indonesia
BI NTB Kembangkan Cabai di Luar Musim
Bank Indonesia (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Mataram: Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan uji coba tanaman cabai merah keriting di luar musim atau panen pada saat musim hujan agar ketersediaan komoditas tersebut tetap terjaga.

Kepala Perwakilan BI NTB Prijono mengatakan, program demplot tanaman cabai di luar musim tersebut bekerja sama dengan empat kelompok tani di Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur, yang sudah terbiasa menanam cabai.

"Para petani yang terlibat sudah menyiapkan lahan seluas empat hektare. Nanti kami yang fasilitasi sarana produksi pertanian, seperti pupuk, benih unggul, obat-obatan pertanian," katanya, di Mataram, Rabu (12/8/2015). 

Untuk teknologi budi daya, kata dia, para petani akan diberikan pengetahuan teknis oleh instansi terkait mitra BI, yakni Badan Koordinasi Penyuluh (Bakorluh) NTB, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTB. Penanaman benih cabai dilakukan pada musim kemarau dan panennya pada saat musim hujan. 

"Penanaman akan dilakukan dalam waktu dekat ini, disesuaikan dengan kapan musim hujan tiba," ujar Prijono.

NTB merupakan daerah surplus cabai dan menjadi pemasok untuk kebutuhan di Pulau Jawa dan Jakarta. Namun ketika di luar musim, harga salah satu bumbu masak itu sering melonjak hingga ratusan ribu rupiah per kilogram karena pasokan yang terbatas.

Prijono menjelaskan, pihaknya sangat berkepentingan dengan ketersediaan cabai di luar musim karena komoditas tersebut merupakan salah satu penyumbang inflasi di NTB, selain kebutuhan pokok lainnya.

"Sebab itu, jika program percontohan budi daya cabai di luar musim tersebut berhasil sesuai harapan, BI NTB akan memperluas lagi daerah pengembangan dan tidak hanya terfokus di Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur, tetapi juga di daerah lain yang memenuhi syarat teknis," pungkasnya.


(ABD)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

16 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA