Laporan Rekening Mencurigakan Jadi Pertimbangan Pansel KPK

Yogi Bayu Aji    •    Rabu, 12 Aug 2015 12:03 WIB
capim kpk
Laporan Rekening Mencurigakan Jadi Pertimbangan Pansel KPK
Juru Bicara KPK Betti Alisjahbana. Foto: Ramdani/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Juru Bicara Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK Betti Alisjahbana mengaku pihaknya sudah menerima laporan Pusat Pelaporan dan Analisi Transaksi Keuangan terkait hasil penelusuran para calon pimpinan. Betti mengakui dalam laporan itu disebut 10 nama yang diduga memiliki rekening mencurigakan.  

"Pansel menerima dari PPATK, iya," kata Betti kepada wartawan, Rabu (12/8/2015).

Sayangnya, Betti enggan membeberkan ke-10 nama itu. "Saya enggak mau buka," ujarnya. 

Kendati demikian, dia memastikan laporan dari PPTAK bakal menjadi pertimbangan pansel dalam menentukan capim KPK yang lulus ke tahap empat. Pengumuman peserta yang masuk ke tahap tersebut baru dibacakan siang nanti.

"Hari ini pengumuman jam dua siang. Ini sekarang belum selesai, masih dibahas oleh Pansel," ucap Betti.

Sebelumnya, Kepala PPATK M. Yusuf mengatakan berdasarkan hasil analisis lembaganya terdapat 10 capim KPK yang terindikasi memiliki transaksi mencurigakan. Bahkan Yusuf menyebut indikasi itu sangat kentara. Dari sejumlah transaksi keuangan milik capim dan keluarga bersangkutan penyimpangan berkisar ratusan juta hingga miliaran rupiah.

"Seperti ada modus menyamarkan harta," ujar Yusuf.

Meski demikian, Yusuf enggan membuka identitas ke-10 nama tersebut. Dia hanya menegaskan, semuanya datang dari latar belakang yang variatif. "Tidak etis saya menyebutkan itu," tukas dia.

Yusuf mengakui, PPATK sudah selesai melakukan tugas penelusuran terhadap capim KPK. Senin 10 Agustus lalu, PPATK juga sudah menyampaikan hasilnya kepada Presiden RI Joko Widodo.

"Kemarin sudah kita serahkan ke Istana," kata dia.

Diketahui, hingga sekarang terdapat 48 orang capim yang lolos hingga tahap ke tiga. Para capim ini sudah mengikuti profil assessment. Bila lulus ke tahap empat, mereka akan menjalani tes kesehatan dan wawancara.


(KRI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA