Pelemahan Rupiah, Ketahanan Nasabah BRI Dinilai Aman

Eko Nordiansyah    •    Rabu, 12 Aug 2015 13:23 WIB
bri
Pelemahan Rupiah, Ketahanan Nasabah BRI Dinilai Aman
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Asmawi Syam (tengah). FOTO: ANTARA/ANDI

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Asmawi Syam mengatakan, pelemahan rupiah juga dialami hampir seluruh mitra dagang Indonesia. Namun begitu, BRI tetap melihat ketahanan nasabahnya di tengah pelemahan rupiah.

"Pelemahan rupiah terhadap mata uang ini kan memang terjadi di semua negara terutama mitra dagang kita. Tapi yang jadi concern kita, sejauh mana ketahanan nasabah BRI yang pertama natural hedge," ujarnya usai RUPSLB di Gedung BRI, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (12/8/2015).

Sejauh ini, dirinya menambahkan, jika risiko yang dialami oleh nasabah yang melakukan natural hedge cenderung kecil. Alasannya, nasabah tersebut akan mendapatkan dan menghabiskan uang dalam mata uang yang sama.

"Artinya dia mendapat pendapatan tapi dia juga mengeluarkan biaya dalam mata uang yang sama, artinya risikonya menjadi kecil karena dia mengeluarkan biaya dengan mata uang yang sama kemudian mendapatkan mata uang yang sama," jelas dia.

Hal tersebut juga sudah dilakukan oleh nasabah yang memiliki portofolio valuta asing (valas). "Itu sudah kita lakukan stress test ke nasabah yang miliki portofolio valas. Kita lihat bahwa semua aman," pungkasnya.


(AHL)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA