Mantan Bupati Kendal Diberi Waktu Menyerahkan Diri

Iswahyudi    •    Rabu, 12 Aug 2015 13:24 WIB
kasus korupsi
Mantan Bupati Kendal Diberi Waktu Menyerahkan Diri
Mantan Bupati Siti Nurmarkesi diincar Kejari Kendal, Metrotvnews.com/ Iswahyudi

Metrotvnews.com, Kendal: Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendal, Jawa Tengah, akan menetapkan mantan Bupati Siti Nurmarkesi masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Penetapan itu dilakukan bila Nurmarkesi tak kunjung menyerahkan diri ke Kejari hingga Kamis 13 Agustus, besok.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kendal Yeni Andriyani mengatakan, petugas masih mencari keberadaan Nurmarkesi. Pencarian Nurmarkesi terkait dengan keterangan dan bukti baru soal kasus korupsi dana bantuan sosial keagamaan Kabupaten Kendal tahun 2009-2010 senilai Rp1,3 miliar yang menjadikan perempuan tersebut sebagai pidana.

"Jika usaha ini masih belum bisa, akan diteruskan dengan proses pencekalan dan akan dimasukkan daftar pencarian orang (DPO),” kata Yeni, Rabu (12/8/2015).

Pada Januari 2015, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang menjatuhkan vonis tiga tahun penjara kepada mantan Bupati Kendal Siti Nurmarkesi terkait kasus korupsi dana bantuan sosial keagamaan. Majelis juga menjatuhkan hukuman denda sebesar Rp100 juta serta mewajibkan Nurmarkesi mengembalikan seluruh barang bukti.

Meski demikian, majelis tak memerintahkan penahanan terpidana. Alasannya, salah satu anggota majelis hakim, Khikmatul Zuhro, berbeda pendapat soal penahanan. Jaksa penuntut pun tak menuntut penahanan.

Kasus itu juga menjerat tiga terpidana lain, yaitu Ahmad Rikza, Abdurrohman, dan Siti Romlah. Berbeda dengan Nurmarkesi, ketiga terpidana itu menjalani masa tahanan di penjara.

Belakangan, hasil penyidikan di Kejari menemukan bukti dan keterangan baru yang mengarah ke Nurmarkesi. Lantaran itu, Kejari memanggil Nurmarkesi untuk pemeriksaan lanjutan. Namun, Nurmarkesi tak memenuhi tiga panggilan itu.

Hingga akhirnya pada 10 Agustus 2015, petugas Kejari mendatangi rumah Nurmarkesi di Desa Patean, Kendal. Namun, Nurmarkesi tak berada di rumahnya. Menurut informasi, Nurmarkesi berada di Semarang.

Petugas pun melaju ke Semarang. Namun, upaya pencarian gagal. Nurmarkesi tak ditemukan di Semarang. Lantaran itu, Kejari memberi waktu ke Nurmarkesi sebelum dirinya menjadi target DPO.
 


(RRN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA