Indef: Kita Tunggu Dampak Positif dari Kinerja 3 Menteri Ekonomi

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 12 Aug 2015 16:20 WIB
reshuffle kabinet
Indef: Kita Tunggu Dampak Positif dari Kinerja 3 Menteri Ekonomi
Eknom Indef Enny Sri Hartati (ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna)

‎Metrotvnews.com, Jakarta: Ekonom Indef Enny Sri Hartati menyambut positif pemilihan tiga menteri ekonomi yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tiga menteri tersebut memiliki rekam jejak yang baik. Sekarang ini, tinggal menunggu dampak positif dan langkah konkrit yang dilakukan oleh ketiga menteri ekonomi tersebut.

"Bagus. Pak Darmin, semua orang tahu beliau di pemerintah. Pernah di moneter. Rizal Ramli juga demikian. Pak Sofyan juga begitu. Tinggal butuh langkah konkrit saja demi menyelesaikan yang kita hadapi sekarang," kata Enny, kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, Rabu (12/8/2015).

Menurutnya, sudah hampir satu tahun pemerintahan ini berjalan tapi ekonomi mengalami perlambatan dan belum bergerak dengan baik. Sehingga harus ada langkah konkrit agar ekonomi Indonesia bisa terus bertumbuh secara optimal, termasuk menyelesaikan persoalan tertekannya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

‎"Jadi di regulasi apa yang harus dibenahi, birokrasi apa yang telah disiapkan oleh menteri-menteri baru. Sudah hampir satu tahun stuck. Ini tersumbat. Menteri baru ini yang harus memperlancar arus itu. Itu harus konkrit. Ini tidak bisa menunggu," ujarnya.

Di sisi lain, dia menilai, devaluasi yuan sudah mengancam ekonomi Indonesia. Akibatnya daya saing Indonesia mengalami penurunan dan rupiah semakin melemah. Hal ini dianggap Enny harus dipikirkan secara baik oleh pemerintah dan jangan dianggap sebagai angin sepoi-sepoi agar gejolaknya tidak berkepanjangan.

Ia tak memungkiri, saat ini dampak berubahnya kondisi ekonomi yang tengah tidak menentu dari terpilihnya ketiga menteri ekonomi belum bisa dilakukan. Namun, dirinya meyakini bahwa Presiden Jokowi sudah melakukan perhitungan yang matang ketika memutuskan untuk memilih ketiga menteri dimaksud.

"Darmin di Menko Perekonomian harus punya leadership dan konseptor yang bagus. Kalau leader tidak punya konsep tidak akan diikuti. Kalau menko itu harus leader yang bisa komunikasi yang canggih. Soalnya banyak menteri yang canggih dari politik.‎ Nah, kalau Bappenas itu konseptornya. Di sana (Bappenas) tidak ada konseptor, maka menterinya akan gagal," pungkas dia‎.


(ABD)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA