Pasokan Elpiji Jelang Idul Adha Tidak Ditambah

Antara    •    Rabu, 12 Aug 2015 17:09 WIB
elpiji 3 kg
Pasokan Elpiji Jelang Idul Adha Tidak Ditambah
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Ekho Ardiyanto)

Metrotvnews.com, Bantul: Pasokan elpiji bersubsidi ukuran tiga kilogram di wilayah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjelang Idul Adha 1436 Hijriah diperkirakan tidak ditambah, atau tetap seperti biasa.

"Pengalaman tahun-tahun sebelumnya selama Idul Adha permintaan elpiji normal, tidak ada peningkatan signifikan, sehingga kemungkinan tidak ditambah," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Bantul Sulistyanto, di Bantul, Rabu (12/8/2015).

Menurut dia, pasokan elpiji tiga kilogram yang dialokasikan dari Pertamina untuk Bantul rata-rata per hari sekitar 22.800 tabung, sehingga menjelang hari raya kurban yang jatuh pada 24 September pasokan elpiji tetap sebanyak itu.

Ia mengatakan tingkat penggunaan elpiji tiga kilogram selama Idul Adha tidak seperti saat momen Idul Fitri yang mengalami peningkatan permintaan elpiji yang signifikan, sehingga di Bantul pada Lebaran 2015 pasokan ditambah 12 persen.

"Jadi, kalau untuk Idul Adha stok normal masih cukupi kebutuhan, karena biasanya yang meningkat justru permintaan arang. Sebab, mayoritas masyarakat mengolah daging untuk satai bakar," katanya.

Meski demikian, Sulistyanto menyatakan, pihaknya berharap tidak ada kepanikan masyarakat yang memicu aksi borong pembelian elpiji, yang justru berpotensi menimbulkan gejolak di tengah-tengah masyarakat hingga mengakibatkan elpiji sulit didapat.

"Ini yang perlu ditekankan kepada masyarakat agar tidak ada aksi borong. Misalnya yang biasanya stok satu tabung, namun karena khawatir maka stok dua tabung. Padahal jika konsumen menyikapi dengan wajar, stoknya aman," pungkasnya.


(ABD)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA