Anak PRT asal Samarinda Raih Cum Laude di Turki

Antara    •    Rabu, 12 Aug 2015 18:09 WIB
pendidikan
Anak PRT asal Samarinda Raih Cum Laude di Turki
Abant Izzet Baysal University, Bolu, Turki

Metrotvnews.com, Samarinda: Muhammad Rasyi Rifai, anak seorang pembantu rumah tangga di Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), berhasil meraih predikat lulusan terbaik alias cum laude di Turki. Ia sukses menorehkan prestasinya di Abant Izzet Baysal University, Bolu, Turki, pada Program Studi Matematika.

"Ini adalah salah satu putra terbaik Kaltim yang berhasil lulus S1 (sarjana) hanya dalam waktu tiga tahun dari yang seharusnya empat tahun. Makanya putra terbaik ini sekarang kami rekrut untuk mengajar di SMAN 10 Samarinda," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim Musyahrim di Samarinda, Rabu.

Musyahrim mengatakan Rifai berkuliah di Turki pada 2012. Ia lulus pada 2015 dengan IPK 3,00.

Ia masuk ke universitas ternama di Turki itu melalui jalur beasiswa yang merupakan kerja sama antara Pemprov Kaltim dengan Yayasan Pasiad (Pacific Countries Social and Economic Solidarity). Yayasan itu bermarkas di Turki.

Di Indonesia, beberapa sekolah menengah atas menjadi mitra Pasiad. Di antaranya yaitu SMA Pribadi Depok dan Bandung, SMA Kharisma Bangsa Tangerang Selatan, SMA Semesta Semarang, SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta, dan SMA Banoa Kalimantan Selatan.

Musyahrim berharap Rifai menularkan ilmu dan pengalamannya di SMAN 10 Samarinda. "Ini adalah salah satu putra terbaik kita, makanya harus kita berdayakan setelah mampu menorehkan prestasi, jangan sampai kita biarkan," kata Musyahrim.


(RRN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA