Siswa Korea Belajar Membatik di Kendal

Iswahyudi    •    Rabu, 12 Aug 2015 21:17 WIB
pendidikankebudayaan
Siswa Korea Belajar Membatik di Kendal
Siswa Korea belajar membatik dan membuat gerabah. Foto: MTVN/Iswahyudi

Metrotvnews.com. Kendal: Belasan siswa SMA asal Korea Selatan belajar membatik motif batik asal Kendal, Jawa Tengah. Mereka melakukan kegiatan itu di obyek wisata Tirto Arum Baru, Kendal, Rabu siang.

Mereka tak canggung untuk memegang canting dan antusias meniup malam cair yang masih panas. Semua kegiatan itu didampingi pembatik dari kelompok batik asal Desa Jambearum, Kecamatan Patebon. Siswa Korea ini juga belajar membuat gerabah khas Kelurahan Langenharjo.

Direktur Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Jinju, Ngayani, menjelaskan kedatangan siswa asal Korea ini untuk mengenal budaya Indonesia.

"Program ini sudah dimulai sejak 2008. Selain belajar budaya Jawa, mereka juga mengajarkan budaya Korea ke beberapa sekolah yang ada di Kendal," kata Ngayani, Rabu (12/8/2015).

Kegiatan berlangsung tiga hari, 10-13 Agustus. Ngayani berharap dalam kegiatan ini terjalin ikatan emosional antara siswa Korea dan Indonesia. "Kami berharap siswa asal Kendal bisa mencotoh etos kerja mereka," katanya.

Perwakilan Sachaeon Multicultural Center, Lee Jeong Ki, mengatakan selama di Kendal para siswa Korea juga akan belajar mempraktikkan pernikahan khas Jawa.

Hwang Ming Ji, salah satu siswa, mengaku sangat antusias mempelajari kebudayaan Jawa di Kabupaten Kendal, terutama belajar membatik. "Ternyata susah membuat batik. Tapi begitu selesai, hasilnya indah," katanya.


(UWA)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA