Lolos Reshuffle, PDIP Beri Menteri Rini Kesempatan Berubah

Damar Iradat    •    Rabu, 12 Aug 2015 21:17 WIB
reshuffle kabinet
Lolos <i>Reshuffle</i>, PDIP Beri Menteri Rini Kesempatan Berubah
Menteri BUMN Rini M Soemarno menunggu Sidang Kabinet Paripurna yang dipimpin Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (6/7) -- MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno yang sempat dinilai PDIP berkinerja buruk, lolos dari jeratan reshuffle. Rini diharapkan PDIP dapat berbenah dan memperbaiki diri.

"Hal-hal yang terkait dengan Menteri BUMN, kita harapkan BUMN sebagai alat negara betul-betul menjalankan tugasnya sebagai alat negara untuk jadi pelopor mewujudkan Indonesia yang berdikari di bidang ekonomi," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di kediaman Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (12/8/2015).

Dalam kesempatan itu, Hasto juga ingin memberi kepercayaan lebih kepada pemerintah. Pasca reshuffle, ia yakin kinerja pemerintah bisa lebih baik.

"Dengan komposisi yang baru, kami berharap pemerintahan bisa berjalan dengan efektifitas yang baik, sehingga sebaiknya kita beri kesempatan," tutup dia.

Sosok Rini memang jadi bahan perbincangan di internal PDI Perjuangan. Selain kinerjanya dinilai kurang bagus di mata pengurus PDI Perjuangan, Rini juga disebut-sebut pihak yang mengganggu hubungan PDI Perjuangan dengan Jokowi.

Seperti diketahui sebelumnya anggota Fraksi PDI Perjuangan Masinton Pasaribu meminta Presiden Joko Widodo segera mengganti Menteri BUMN Rini Soemarno. Kinerja Rini dinilai tidak mampu menopang program Nawa Cita yang diusung Jokowi. (Baca: Politikus PDIP Minta Rini Soemarno Diganti)

Menurutnya, kinerja Menteri BUMN sampai sekarang belum memperlihatkan prestasi. Yang ada justru hanya kemunduran. Anggota Komisi III ini berharap, Presiden mampu mencari sosok yang loyal dan mampu membawa perubahan di tubuh Kemeterian BUMN.

"Harus berbeda, dicari beda dengan Menteri BUMN sekarang. Semangat sembilan program Nawa Cita dia harus loyal kepada Presiden dan mampu membawa perubahan besar," kata dia Selasa 11 Agustus kemarin. 

Sebelum permintaan tegas dari Masinton ini, isu ketidakharmonisan antara Menteri Jokowi dengan partai pengusung juga sempat mengusik telinga publik. Bahkan, sempat beredar kabar ada menteri yang menghina presiden. Kabar tersebut diembuskan Menteri Tjahjo dan diduga menteri yang dimaksud adalah Rini. (Baca: Dituding Menghina Jokowi, Rini: Dasarnya Apa?)



(SUR)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA