KPU Perpanjang Pendaftaran Jika Ada Calon Tunggal Karena Gagal Verifikasi

Al Abrar    •    Rabu, 12 Aug 2015 21:58 WIB
pilkada serentak
KPU Perpanjang Pendaftaran Jika Ada Calon Tunggal Karena Gagal Verifikasi
Komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay (tengah) memberikan keterangan kepada wartawan -- MI/Atet Dwi Pramadia

Metrotvnews.com, Jakarta: KPU telah menetapkan empat daerah ditunda hingga 2017 karena memiliki satu pasangan calon (paslon). Selain empat daerah tersebut, masih ada 80 daerah dengan dua pasangan berpotensi ditunda jika ada yang gagal verifikasi.

Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay mengatakan, KPU akan kembali membuka pendaftaran di daerah tersebut jika memang ada paslon yang gagal verifikasi.

"Kalau tidak ada satu (paslon) atau tidak ada sama sekali (paslon). Maka harus diperpanjang dibuka pendaftarannya," kata Hadar di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (12/8/2015).

Kata Hadar, perpanjangan waktu pendaftaran di daerah yang nanti hanya memiliki satu paslon akan dilakukan setelah verifikasi adminsitrasi yaitu 24 Agustus selama tiga hari.

"Tiga hari sosialiasiasi dan tiga hari masa pendaftaran," tambah Hadar.

Namun demikian Hadar memastikan, 80 daerah tersebut di luar dari tiga daerah yang telah diperpanjang waktunya. Ketiga daerah tersebut yaitu Samarinda, Surabaya dan Pacitan. Di tiga daerah tersebut, pilkadanya akan ditunda hingga 2017 jika satu pasangan calon (paslon) dinyatakan tidak melengkapi berkas adminsitrasi.

"Ya sudah ditunda, tidak ada perpanjangan lagi karena sudah banyak perpanjangannya," tukasnya.

Seperti diketahui, hingga ditutupnya masa perpanjangan pendaftaran pilkada kemarin ada 80 daerah hanya memiliki dua paslon. Kemudian ada 154 daerah tiga-empat paslon, sebanyak 25 daerah lima-enam paslon, dan lima daerah lebih dari enam paslon.


(SUR)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA