Kelangkaan Daging, Penjual Bakso Memilih Libur

Meilikhah    •    Kamis, 13 Aug 2015 10:41 WIB
daging sapi
Kelangkaan Daging, Penjual Bakso Memilih Libur
Bakso daging---Ant/Adeng Bustomi

Metrotvnews.com, Jakarta: Kelangkaan daging sapi memaksa sejumlah penjual bakso menutup warungnya sementara waktu. Di beberapa daerah, penjual daging bahkan sudah jarang ditemui. Kalaupun ada, mereka akan mematok harga sangat tinggi.

Seperti yang dialami Deddy, penjual bakso di kota Serang. Dia mengaku sudah dua hari tak berjualan lantaran bahan baku bakso tak tersedia di pasaran. Bahkan, kelangkaan daging sapi sebagai bahan utama pembuatan bakso sudah langka sejak Senin kemarin.

"Di sini dari hari Senin (daging) sapi sudah enggak ada," kata dia, kepada Metrotvnews.com, Kamis (13/8/2015).

Di Pasar Rau, kota Serang, Deddy biasanya mencari bahan baku untuk membuat bakso. Namun, akibat kelangkaan daging sapi usaha kedai baksonya terpaksa harus tutup untuk sementara waktu menunggu pasokan daging kembali normal.

Selain Deddy, Nanik lebih beruntung. Penjual bakso di pasar Cisaat, Sukabumi, ini masih bisa menjajakan dagangannya di kios kecil miliknya. Nanik mengaku pasokan daging sapi di pasar masih cukup untuk memenuhi kebutuhan bahan baku baksonya.

"Di Sukabumi masih aman, beli daging sapi masih bisa," ujar Nanik, saat berbincang dengan Metrotvnews.com.

Meski masih mampu untuk berjualan, Nanik mengaku, omzet jualan baksonya menurun selama ketersediaan daging sapi di pasaran berada dalam kondisi kritis. Pendapatannya selama berjualan hanya mampu mengembalikan modal dagang tanpa keuntungan.

"Omzet berkurang, soalnya semua bahan baku kan naik, bisa dibilang 'plusplos' ya, kadang mah cuma bisa kebeli lagi bahan baku," katanya.


(TII)

KPK Periksa Chairuman Harahap untuk Tersangka Anang Sugiana

KPK Periksa Chairuman Harahap untuk Tersangka Anang Sugiana

1 hour Ago

KPK hingga saat ini terus mengusut terkait kasus korupsi pengadaan proyek KTP-el. Sejumlah…

BERITA LAINNYA