Ahok: Antrean Keberangkatan Haji Tak Ideal

Wanda Indana    •    Kamis, 13 Aug 2015 10:55 WIB
haji 2015
Ahok: Antrean Keberangkatan Haji Tak Ideal
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Foto: MTVN/Ilham Wibowo)

Metrotvnews.com, Jakarta: Waktu antrean keberangkatan haji dinilai tidak ideal. Pasalnya, warga Jakarta membutuhkan waktu tunggu 17 tahun untuk ibadah ke tanah suci. Padahal mereka sudah memiliki uang.
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama mengatakan, kuota haji DKI Jakarta tahun ini 5.668 jamaah. “Waktu tunggunya 17 tahun, ini sangat tidak ideal. Harusnya paling lama satu atau dua tahun,” kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (13/8/2015).
 
Menurut Ahok, Kementerian Agama harus memprioritaskan jamaah yang belum pernah pergi haji. Dengan cara itu diharapkan bisa mengurangi antrean. "Harusnya ada sistem yang bisa mengatur untuk membatasi orang yang sudah pernah ibadah haji, jadi antrean tidak terlalu lama nunggu," ujarnya.
 
Ahok mengaku sudah membatasi petugas yang dikirim untuk mendampingi jamaah haji. Hanya petugas yang belum pernah ibadah haji yang boleh jadi pendamping. "Selain adil, kita kasih kesempatan buat mereka tunaikan ibadah haji sambil tugas,” katanya.
 
Ahok mengukuhkan 40 petugas haji asal Jakarta. Dengan rincian 21 petugas Tim Pemandu Haji Daerah dan 19 petugas Tim Kesehatan Haji Daerah. Selain itu dikukuhkan juga 65 petugas haji pusat, yang terdiri dari 13 petugas Tim Pemandu Haji Indonesia, 13 petugas Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia serta 39 petugas Tim Kesehatan Haji Indonesia.


(FZN)

Hari Ini, Dokter Bimanesh Hadapi Vonis Hakim

Hari Ini, Dokter Bimanesh Hadapi Vonis Hakim

8 minutes Ago

Dokter Bimanesh Sutarjo bakal mendengarkan sidang pembacaan putusan oleh majelis hakim Tindak P…

BERITA LAINNYA