Terkait Carneiro, Asosiasi Dokter Liga Primer Inggris Kritik Mourinho

Hilman Haris    •    Kamis, 13 Aug 2015 10:45 WIB
chelsea
Terkait Carneiro, Asosiasi Dokter Liga Primer Inggris Kritik Mourinho
Mourinho bersitegang dengan fisioterapis tim, Eva Carneiro saat Chelsea melawan Swansea, Sabtu 8 Agustus (Foto; dok Telegraph)

Metrotvnews.com, London: Friksi antara manajer Chelsea, Jose Mourinho dengan fisioterapis tim, Eva Carneiro menarik perhatian banyak pihak. Lantaran dianggap sudah menyalahi aturan, Mourinho akhirnya dikritik oleh Asosiasi Dokter Liga Primer Inggris. 

Menurut Asosiasi Dokter Liga Primer Inggris, Mourinho sudah memperlakukan Carneiro tidak adil. Padahal dalam kenyataanya, Asosiasi Dokter Liga Primer Inggris merasa Carneiro telah bertugas sesuai prosedur.

"Dokter Carneiro memiliki dukungan penuh dari rekannya di Asosiasi Dokter Liga Primer Inggris. Preseden dari kejadian ini menunjukkan bahwa perawatan medis tampaknya menjadi hal sekunder dibandingkan hasil pertandingan," demikian pernyataan Asosiasi Dokter Liga Primer Inggris. 

"Staf medis dipanggil oleh wasit pertandingan untuk memeriksa pemain. Menolak untuk masuk ke lapangan akan melanggar tugas perawatan dari tim medis untuk pasien mereka," sambung pernyataan tersebut.

Konflik ini bermula ketika Carneiro memutuskan memeriksa kondisi Eden Hazard yang tergeletak usai diterjang lawan pada menit-menit akhir laga Chelsea melawan Swansea, Sabtu 8 Agustus. Mourinho tak suka dengan tindakan yang diambil Carneiro karena mengganggu usaha tim untuk mencetak gol kemenangan pada sisa waktu yang mepet.

Mourinho makin murka ketika Carneiro memutuskan membawa Hazard ke pinggir lapangan untuk dirawat. Lantaran sudah bermain dengan 10 orang usai kiper Thibaut Courtois dikartu merah, Mourinho takut timnya tak kuasa menahan gelombang serangan Swansea tanpa kehadiran Hazard.

Setelah menerima kritik dari Mourinho, Carneiro mendapatkan dukungan dari sebagian fan The Blues. Melalui akun Facebook-nya, Carneiro menulis, "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada publik atas dukungan luar biasa mereka. Saya sangat menghargai itu."  

Akan tetapi, komentar itu berujung petaka untuk Carneiro. Tak lama kemudian, Carneiro langsung diasingkan dari staf medis utama The Blues. Kini, Carneiro hanya diperbolehkan bertugas di komplek latihan Chelsea di Cobham dan tak diperkenankan ikut dalam rombongan tim saat melakoni laga kandang dan tandang. (Goal)


(HIL)