Penyidik Kejagung Datangi Gatot di KPK

Yogi Bayu Aji    •    Kamis, 13 Aug 2015 11:17 WIB
kasus korupsi
Penyidik Kejagung Datangi Gatot di KPK
Gatot usai diperiksa-----MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyidik Kejaksaan Agung menggeruduk Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. Mereka akan memeriksa Gatot Pujo Nugroho, tersangka kasus suap di PTUN Medan. Namun, Gatot diperiksa buat kasus Dana Bansos yang tengah disidik Kejagung.

Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha membenarkan informasi tersebut. "Kabarnya begitu, akan diperiksa di KPK," kata Priharsa saat dikonfirmasi, Kamis (13/8/2015).

Menurut Priharsa, KPK tak ikut dalam penyidikan kasus bansos yang sudah ditangani Kejaksaan. KPK hanya memberi tempat dan fasilitas teknis buat pemeriksaan saja. Sebab, Gatot sudah resmi ditahan komisi antirasywah.

"Kami membantu untuk ruangan pemeriksaan juga,"  jelas Priharsa.

Diketahui, Kejaksaan Agung berkoordinasi dengan KPK untuk memeriksa Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho terkait dugaan korupsi dana Bantuan Sosial. "Tentunya kita akan berkoordinasi dengan KPK," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Tony Tribagus Spontana, Rabu kemarin.

Kasus Dana Bansos adalah pangkal dari suap pengurusan perkara di PTUN. Musababnya, kasus ini disidik dua lembaga yakni Kejaksan Tinggi Sumatera Utara dan Kejaksaan Agung. Ahmad Fuad Lubis yang jadi potensial suspect dalam penyelidikan di Kejati, kemudian menggugat di PTUN.

Dalam proses persidangan di PTUN inilah, suap diurus O.C. Kaligis lewat Gerry. Duit suap diduga berasal dari Gatot yang diberikan lewat istri mudanya, Evy Susanti, yang diketahui kenal dekat dengan Kaligis.

Tonny pun menjelaskan, kasus yang ditangani Kejagung dan KPK ini sama sekali berbeda. Kejaksaan menangani dugaan korupsi bansos di Pemprov Sumut.

"Sedangkan KPK kasus suapnya, pengembangan dari OTT terhadap hakim PTUN. Setelah melakukan OTT terhadap hakim dan pengacara," jelas Tony. "Dikembangkan kasus itu yang penyidikannya sehingga Gubernur Sumut dan istrinya jadi tersangka."


(TII)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

6 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA