Buwas: Kelangkaan Daging Sengaja Diciptakan

Meilikhah    •    Kamis, 13 Aug 2015 12:10 WIB
daging sapi
Buwas: Kelangkaan Daging Sengaja Diciptakan
Ilustrasi penggemukan sapi. (MI/Barry Fatahilah)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Komjen Budi Waseso menduga kelangkaan daging sapi sengaja diciptakan. Pengusaha dianggap sengaja menyetop pasokan daging ke masyarakat. 

Menurut pria yang akrab disapa Buwas itu, stok daging masih ada. Bahkan, jumlahnya cukup untuk memenuhi kebutuhan daging di masyarakat.

"Menurut pendapat sementara, semestinya kelangkaan daging itu tidak terjadi manakala ada pemotongan (karena) stok sapinya ada. Kelangkaan itu dugaan kita bisa saja memang diciptakan," kata Budi di Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Kamis (13/8/2015).

Buwas beralasan, kemarin, polisi menemukan 21.933 sapi dalam penggeledahan dua lokasi peternakan di daerah Tangerang, Banten. Dari jumlah tersebut, 4.000 ekor di antaranya siap potong dan cukup untuk memenuhi kuota.

Penggerebekan dilakukan di lokasi penggemukan sapi PT Brahman Perkasa Sentosa (PT BPS) di Jalan Kampung Kelor Nomor 33, Kecamatan Sepatan dan Jalan Suryadharma, Kecamatan Neglasari, Tangerang. Perusahaan itu dimiliki oleh BH, PH, dan SH.

Mantan Kapolda Gorontalo itu mengatakan jika pengusaha, importir, dan pegawai manajemen feedloter (penggemukan) terindikasi melakukan tindak pidana penimbunan sapi. "Kalau ada pelanggaran itu, saya akan tindak tegas. Nanti ada sanksi pidananya, dendanya. Ini kan baru mulai pemeriksaan," jelas Buwas.


(SAN)