Korban Tewas Ledakan Tianjin Melonjak Jadi 44 Orang

Willy Haryono    •    Kamis, 13 Aug 2015 12:50 WIB
ledakan tiongkok
Korban Tewas Ledakan Tianjin Melonjak Jadi 44 Orang
Asap membumbung dari lokasi ledakan dahsyat di sebuah gudang di kota pelabuhan Tianjin, Tiongkok, Kamis (13/8/2015). (Foto: AFP / STR)

Metrotvnews.com, Tianjin: Korban tewas dari ledakan dahsyat di kawasan industri kota pelabuhan Tianjin, Tiongkok, Rabu malam, melonjak menjadi 44. 

Menurut laporan kantor berita Xinhua, Kamis (13/8/2015), 12 petugas pemadam kebakaran berada di deretan korban tewas. Sebanyak 520 orang terluka dalam tragedi ini, 66 di antara mereka kritis. 

Menurut laporan reporter AFP di lapangan, dirinya melihat pecahan kaca berserakan tiga kilometer dari lokasi kejadian. Ini terjadi setelah sebuah paket bahan peledak meledak di zona industri Tianjin. 

Asap hitam membumbung tinggi dari lokasi selama berjam-jam setelah ledakan, yang terjadi Rabu sekitar pukul 11.30 malam waktu setempat. 

"Bola apinya sangat besar, mungkin setinggi 100 meter," ucap Huang Shiting, warga setempat yang rumahnya dekat pelabuhan Tianjin. 

"Saya mendengar ledakan pertama dan semua orang berlari keluar. Kemudian serangkaian ledakan terus terjadi, memecahkan kaca dan banyak orang terluka," sambung dia. 

Presiden Xi Jinping telah memerintahkan operasi penyelamatan berskala penuh terhadap korban luka ledakan dahsyat di Tianjin.

Saking besarnya kekuatan ledakan, kejadian ini dapat terlihat dari luar angkasa. Foto ledakan Tianjin yang dilihat dari luar bumi diambil satelit Cooperative Institute for Meteorological Satellite Studies (CIMSS). 



(WIL)