REI Sumsel Realisasikan 5.000 Rumah MBR

Antara    •    Kamis, 13 Aug 2015 15:11 WIB
rei
REI Sumsel Realisasikan 5.000 Rumah MBR
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Joko Sulistyo)

Metrotvnews.com, Palembang: Asosiasi pengembang Real Estate Indonesia (REI) Sumatera Selatan (Sumsel) merealisasikan sebanyak 5.000 unit rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) pada semester I-2015 yang tersebar di beberapa kabupaten/kota.

Ketua DPD REI Sumsel Herryadi Bengawan mengatakan, pencapaian ini membuat REI cukup optimistis bakal merealisasikan 12.000 ribu unit hingga akhir tahun. "Target sebenarnya 15.000 unit rumah, tapi REI juga harus mempertimbangkan kondisi ekonomi saat ini sehingga optimistisnya sekitar 12.000 unit rumah," ujarnya, di Palembang, Kamis (13/8/2015). 

Ia mengemukakan, meski perekonomian Sumsel sedang melemah tapi khusus untuk program satu juta rumah ini relatif tidak berpengaruh mengingat konsumen yang dibidik yakni mereka yang berpenghasilan tetap, seperti PNS, TNI, Polri, swasta dengan pendapatan maksimal Rp4 juta per bulan dan belum memiliki rumah.

"Untuk sektor proferti memang saat ini sedang turun sekitar 40 persen untuk rumah golongan menengah. Namun rumah golongan MBR relatif stabil, malahan pengembang menjadikan kelompok ini sebagai solusi untuk menjaga alur uang perusahaan," jelas dia.

Menurutnya, selagi tidak ada pemutusan hubungan kerja secara besar-besaran maka program ini dapat berjalan sesuai target. Apalagi, pemerintah telah membuat kebijakan dengan menurunkan bunga pembiayaan perumahan dari 7,25 persen menjadi lima persen yang flat selama 15-20 tahun, dan uang muka hanya satu persen dari sebelumnya lima persen.

"Artinya, animo yang tinggi dari MBR untuk memiliki rumah sudah difasilitasi pemerintah, pengembang juga semakin bersemangat karena minat untuk rumah MBR ini pada dasarnya selalu meningkat, berbeda dengan rumah untuk golongan menengah ke atas yang masih lesu," pungkas dia.


(ABD)