Luhut akan Sinergikan Ekonomi dan Keamanan

M Rodhi Aulia    •    Kamis, 13 Aug 2015 15:36 WIB
reshuffle kabinet
Luhut akan Sinergikan Ekonomi dan Keamanan
Luhut Binsar Pandjaitan----MTVN/Aulia

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan akan menyinergikan masalah ekonomi dan keamanan. Sinergi disebut Luhut sebagai kunci dalam mewujudkan kondusifitas dan ketenangan di Indonesia.

"Yang pertama ingin saya nanti lakukan dari kantor ini, bagaimana mengkoordinasikan stabilitas keamanan itu dengan ekonomi. Karena itu menurut saya kunci. Seperti yang tadi saya sampaikan dari mulai zaman Pak Soeharto, stabilitas keamanan dan stabilitas ekonomi itu akan menjadi satu," kata Luhut di sela-sela sertijab di Ruang Parikesit, Kantor Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (13/8/2015).

Salah satu masalah yang perlu sinergisitas adalah pangan. Masalah ini sedang hangat beberapa waktu terakhir. Luhut mengaku, mendapatkan perintah dari Presiden Jokowi untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

"Perintah Presiden (Jokowi) adalah menyangkut harga pangan. Karena harga pangan di Indonesia itu paling mahal se-ASEAN. Misal mulai beras, daging, garam, apa saja. Kenapa? Tentu ada sesuatu yang salah," terang Luhut.

Pria yang juga menjabat Kepala Staf Kepresidenan ini mengatakan, permasalahan itu terletak pada proses distribusi dan middle man atau pelaku yang ada di tengah-tengah proses tersebut. Dari sana, langkah awalnya adalah menyatukan data kebutuhan.

"Tadi saya sudah berbicara dengan Kapolri, Jaksa Agung, tindak lanjut dari perintah Bapak Presiden, kita akan mengkoordinasikan tetap satu. Yaitu data yang benar itu berapa sih? Kebutuhan beras kita secara nasional? Berapa sih kebutuhan daging kita secara nasional dan seterusnya. Berkait berapa banyak sapi yang kita punya, dan berapa sapi yang harus kita impor. Kapan kita tidak mengimpor? Sama seperti beras dan
yang lainnya," beber dia.

Jika tidak bersinergi, Luhut menyebut, masalah tersebut menyebakan inflasi dan keadaan ekonomi yang tidak akan kunjung pulih. Luhut mengatakan, di kantor staf kepresidenan, banyak data-data yang akurat tentang semua itu, berikut dengan ahli yang mampu menganalisa lebih dalam.

Mantan Menteri Perindustrian era Presiden Gus Dur ini mengaku, ingin ada kerja sama yang baik antara Kemenko Polhukam dan jajarannya dengan Kantor Staf Kepresidenan.Ia juga menjamin, kerja sama dan koordinasi berjalan baik dengan dengan Kemenenterian Koordinator lainnya.

Adapun terkait keamanan, ia meminta semua pihak untuk saling bersinergi satu sama lain dalam pencegahan dan penindakan. Banyak hal yang masih menjadi ancaman. Seperti kemungkinan adanya terorisme dan juga keamanan perhelatan Pilkada serentak akhir tahun ini.

"Nah ini ingin kita tingkatkan terus ke depan. Jadi keamanan Indonesia bisa lebih baik lagi," tegas Luhut.


(TII)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA