Politik Myanmar Memanas, Kepala Partai Penguasa Didepak

Willy Haryono    •    Kamis, 13 Aug 2015 15:57 WIB
politik myanmar
Politik Myanmar Memanas, Kepala Partai Penguasa Didepak
Kepala Partai USDP yang merupakan partai penguasa di Myanmar dilengserkan dari jabatannya, Kamis (13/8/2015). (Foto: AFP / Ye Aung Thu)

Metrotvnews.com, Naypyidaw: Pemimpin partai penguasa di Myanmar, Shwe Mann, secara resmi dilengserkan. Presiden Myanmar Thein Sein sudah menyetujui penyingkiran Shwe Mann. 

Ini merupakan babak lanjutan dari ketegangan politik Myanmar menjelang pemilihan umum pada 8 November mendatang. 

"Ini hanya urusan internal kepemimpinan partai, tidak ada alasan untuk khawatir," ujar Zaw Htay dari Kantor Kepresidenan Myanmar, seperti dikutip AFP, Kamis (13/8/2015). 

"Pemerintah sedang berusaha menstabilkan ketenangan publik," sambung dia, tanpa memberikan detail lanjutan. 

Sebelumnya, anak Shwe Mann, Toe Naing Mann, mengatakan rumah ayahnya di ibu kota telah dikepung sekelompok orang. Ini terjadi setelah polisi menggerebek kantor Partai USDP. 

"Sangat aneh jika pasukan bersenjata telah berlaku seperti ini kepada sebuah partai politik," kata Toe Naing. 

Partai USDP selama ini dinilai sebagai kendaraan bagi mantan elite junta militer yang bermetamorfosis dari prajurit menjadi pejabat negara. 

Rabu kemarin, seorang anggota senior Partai USDP Aung Ko mengatakan partainya menerima "lebih dari seratus" aplikasi pendaftaran anggota baru dari purnawirawan dan mantan menteri. Namun, banyak dari mereka yang ditolak masuk partai. (Nabila Gita)



(WIL)