5 Lagu Koes Plus yang Jarang Diketahui

Agustinus Shindu Alpito    •    Kamis, 13 Aug 2015 16:26 WIB
koes plus
5 Lagu Koes Plus yang Jarang Diketahui
Personel Koes Plus, Jon Koeswoyo, Jok Koeswoyo, dan Murry (Foto:Antara/Muhammad Adimaja)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sepanjang kariernya, Koes Plus tercatat memiliki 953 lagu dalam 89 album. Jumlah itu terbagi dalam dua periode, yaitu periode Koes Bersaudara sebanyak 203 lagu (17 album) dan periode Koes Plus sebanyak 750 lagu (72 album).

Dari sekian banyak judul lagu yang dikeluarkan Koes Plus, beberapa di antaranya tenggelam ditelan masa, meski tidak begitu saja dilupakan penggemar.

Lima lagu dalam artikel ini hanyalah referensi. Tentu masih banyak lagu-lagu Koes Plus lainnya yang luar biasa secara musikalitas.

1. Mr. Time



Lagu ini berasal dari album Koes Plus yang rilis tahun 1974, Koes Plus Another Song For You. Sebanyak 10 lagu dalam album ini berbahasa Inggris. Mr Time diciptakan oleh Tonny Koeswoyo.

Beberapa waktu lalu, Mr. Time diaransemen ulang oleh grup musik Koes Barat yang berasal dari Amerika Serikat. Koes Barat merupakan band bentukan Alan Bishop, eks personel band Sun City Girls. Album tersebut dirilis pada perayaan Record Store Day 2015 lewat label Sub Pop. Label yang juga merilis album Nirvana, Bleach.

2. Sweet Memories



Lagu ini berasal dari album Volume 3 yang rilis tahun 1971. Sweet Memories terdengar manis, lembut, dan sederhana dengan lirik yang mudah diingat.

3. Nothing is Real



Lagu ini juga berasal dari album Another Song For You dan diciptakan oleh Tonny Koeswoyo. Sekilas gaya musik Koes Plus di lagu ini mengingatkan kita pada band lawas The Classics.

4. Manis Sekali



Lagu yang menyelipkan nuansa blues ini dirilis pada 1976 dalam album History of Koes Brothers. Lagu Manis Sekali diciptakan Tonny Koeswoyo.

5. Vivre Heureux



Lagu berbahasa Prancis ini memiliki judul lain, Hidup Dalam Kedamaian. Lagu Vivre Heureux berasal dari album  Vol. 2: Melati Biru yang rilis tahun 1978.

Lewat lagu ini, Koes Plus membuktikan bahwa mereka adalah band yang bisa melakukan apa saja. Tak terikat pada jenis musik dan gaya penulisan lirik tertentu.
 


(ROS)