Tantangan Baru bagi Menteri Pengganti versi PDIP

Astri Novaria    •    Kamis, 13 Aug 2015 16:39 WIB
reshuffle kabinetdpr ads
Tantangan Baru bagi Menteri Pengganti versi PDIP
Menteri baru hasil reshufle kabinet kerja Jokowi-JK,--Foto: MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hendarawan Supratikno menilai menteri-menteri yang baru dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah lebih sesuai dengan bidang tugasnya.

"Menteri-menteri baru kompetensinya lebih sesuai dengan bidang tugasnya. Persepsi masyarakat terhadap menteri-menteri baru ini lebih baik dan positif," ujar Hendrawan saat dihubungi, Kamis (13/8/2015).

Menurut dia, saat ini tinggal menunggu kinerja dari para menteri pengganti. "Tinggal dilihat kinerja dari orang-orang ini. Tapi mereka sudah punya modal yang baik yakni kompetensi lebih sesuai dan persepsi publik lebih baik," tegas dia.

Hendrawan menjelaskan, alasan Jokowi melantik para menteri barunya sebelum pidato nota pengantar keuangan 14 Agsutus 2015 adalah untuk memberi isyarat tantangan kepada menteri-menteri baru.

Ditunjuknya Luhut Binsar Panjaitan sebagai Menkopolhukam, menurut dia, Presiden Jokowi menginginkan terjadinya konsolidasi politik antara eksekutif dan legislatif.

"Inilah tantangannya, 2016 adalah tahun ujian bagi figur-figur ekonomi ini. Kita akan melihat dalam waktu dekat langkah-langkah strategis yang akan mereka lakukan, jam terbang mereka itu kan luar biasa," paparnya.

Dia berharap pembenahan di level eksekutif ini juga diikuti oleh DPR. "Kita berharap DPR segera merespon ini dengan pembenahan di DPR juga. Jangan DPR berteriak-teriak di sektor eksekutif, sementara eksekutifnya sudah dibenahi tapi DPR-nya tidak membenahi diri," tandasnya.


(MBM)