Gandeng Kemenhub dan Kemenpar, Menko Rizal Bidik 15 Juta Turis

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 13 Aug 2015 16:41 WIB
pariwisata indonesia
Gandeng Kemenhub dan Kemenpar, Menko Rizal Bidik 15 Juta Turis
Menko bidang Kemaritiman Rizal Ramli FotoMIPanca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli menargetkan dalam waktu lima tahun ke depan atau di 2020 sektor pariwisata Indonesia dapat mendatangkan 15 juta turis. Target ini karena Indonesia dinilai lebih memiliki potensi ketimbang dengan negara ASEAN lainnya seperti Malaysia dan Thailand. 

"Selama ini turis Indonesia hanya enam juta. Indah sekali alamnya, pantainya bagus, hutannya juga. Tetapi kok bisa kalah dengan Malaysia yang bisa 20 juta orang dan Thailand yang 25 juta. Saya sudah kasih target supaya dalam lima tahun ke depan bisa 15 juta," kata Rizal usai Serah Terima Jabatan di Kantor Menko Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (13/8/2015).

Untuk target tersebut, dia akan mendiskusikannya dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar). Seperti urusan budget dan infrastruktur penunjang akan lebih diprioritaskan di wilayah timur Indonesia.

"Nanti akan kami diskusikan dengan Kemenhub dan Kemenpar. Tapi arah dan budgetnya sudah benar APBN lebih diutamakan untuk luar Pulau Jawa," jelasnya.

Ia juga menambahkan akan menggerakkan sektor industri kreatif sebagai pendukung pariwisata Indonesia. 

"Banyak sekali produk-produk yang bisa terjual, belum lagi makanannya. Belum devisanya, yang lainnya nanti disampaikan," pungkas dia.


(SAW)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

6 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA