Sidak, Mentan Tanyakan Tingginya Harga Sapi di Feedloter

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 13 Aug 2015 16:47 WIB
kementan ads
Sidak, Mentan Tanyakan Tingginya Harga Sapi di <i>Feedloter</i>
menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman sidak ke kandang sapi di banten MTVN/Eko Nordiansyah

Metrotvnews.com, Tangerang: Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi penggemukan sapi (feedloter) PT Tanjung Unggul Mandiri (TUM). Dalam kesempatan tersebut, Mentan ingin melihat langsung stok serta menanyakan tingginya harga sapi.

"Berapa sapi yang ada di sini sekarang? Harga dilepas hari ini berapa? Pernah Rp45 ribu per kilogram (kg)? Kenapa? Coba jelaskan," tanya Amran kepada salah seorang pegawai yang ditemui di lokasi, PT TUM di Teluk Naga, Tangerang, Kamis (13/8/2015).

Dengan sigap, pegawai tersebut menyatakan jika total sapi sebanyak 17 ribu ekor dengan harga yang dilepas hari adalah Rp42.000 per kg berat sapi. Harga sapi sempat menyentuh harga Rp45.000 per kg, namun dirinya 

tak mengetahui alasan kenaikan sebab hal tersebut merupakan kebijakan manajemen.

"Jadi sederhananya begini, stok aman, total 17 ribu ekor sapi di sini. Misal per bulan 200 ekor rata-rata (kebutuhan) jadi 6.000 per bulan dan ini akan jadi tiga bulan lebih, sampai Oktober," jelas Amran.

Sidak Mentan Amran didampingi oleh Bupati Tangerang Zaki Iskandar, Gubernur Banten Rano Karno, dan Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Syarkawi Rauf. Mentan Amran juga menanyakan perihal adanya permainan di antara feedloter untuk menaikkan harga.

Namun, pegawai feedloter TUM menyanggah adanya permainan antar sesama feedloter supaya harga daging sapi tinggi dan langka di pasar. 

"Tiap feedloter beda tergantung kebijakannya," tutup pegawai tersebut.


(SAW)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA