Reshuffle, Pengamat: Jokowi Kesampingkan Faktor Politik

Nur Aivanni    •    Kamis, 13 Aug 2015 17:10 WIB
reshufle kabinet
<i>Reshuffle</i>, Pengamat: Jokowi Kesampingkan Faktor Politik
Menteri baru kabinet kerja--MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Reshuffle Kabinet Kerja yang dilakukan Presiden Joko Widodo dinilai mengenyampingkan faktor politik. Perombakan kabinet berdasarkan kesadaran perlambatan ekonomi global.

"Faktor politik agak dikesampingkan. Faktor primer adalah kesadaran perlambatan ekonomi global," ujar pengamat politik dari Charta Politika Yunarto Wijaya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (13/8/2015).

Ia menyampaikan, ada beberapa benang merah bagaimana cara Jokowi menyadari adanya perlambatan ekonomi global. Pertama, kesadaran titik lemah dalam pemerintahan Jokowi-JK selama sepuluh bulan pada level koordinasi. "Yakni dengan pergantian tiga menko," ujarnya.

Kedua, Jokowi membutuhkan menteri koordinator yang loyal kepadanya. Kemudian memiliki fungsi koordinasi yang baik, dan memiliki kewibawaan kepada sektor-sektor di bawahnya.

"Dengan munculnya nama Luhut, Darmin, dan Rizal Ramli, tiga orang ini lebih memiliki pamor dan trackrecord di bidang itu dan lebih punya pengalaman di bidang tersebut," ujarnya, seraya mengatakan ada upaya Jokowi untuk memperbaiki sektor hulu dan hilir.

Reshuffle yang dilakukan Jokowi, tambah Yunarto, hanya sebagai satu jawaban yang harus diberikan presiden kepada rakyatnya. Pasalnya, pemerintahan Jokowi-JK memiliki beban pemerintahan.

"Jokowi terpilih dari pilpres yang euforianya terbesar sepanjang sejarah pilpres. Orang merasa terlibat karena terlibat panjang dalam prosesnya, mereka akan menagih janji," tuturnya.

Jokowi merombak enam posisi dalam kabinet kerjanya. Mereka adalah Darmin Nasution menjadi Menko Perekonomian, Rizal Ramli menjadi Menko Kemaritiman, Pramono Anung menjadi Seskab, Sofyan Djalil menjadi Kepala Bappenas, Luhut Binsar Pandjaitan menjadi Menko Polhukam, dan Thomas Lembong menjadi Mendag.


(YDH)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA