Sopir Bawah Umur Berkeliaran di Bintaro-Lebak Bulus

Arga sumantri    •    Kamis, 13 Aug 2015 17:23 WIB
transportasi
Sopir Bawah Umur Berkeliaran di Bintaro-Lebak Bulus
Sarip saat mengemudikan angkot S08----MTVN/Arga

Metrotvnews.com, Tangerang: Fenomena sopir angkutan umum di bawah umur sempat mewarnai jagat dunia maya. Sejumlah foto sopir bawah umur pun sempat diunggah netizen.

Fenomena tersebut rupanya bukan isapan jempol. Metrotvnews.com berusaha menelusuri keberadaan sopir di bawah umur yang mengemudikan angkutan umum dan membawa penumpang.

Sarip Ubed, salah satunya. Remaja yang baru menginjak usia 17 pada November mendatang, berani mengambil risiko jadi sopir angkutan umum. Sarip adalah sopir angkot S08 jurusan Bintaro-Lebak Bulus.

Kepada Metrotvnews.com, Sarip mengaku, sudah menjalani profesi tersebut lebih dari setahun, saat usianya belum genap 16 tahun. "Ada setahunan lebih jadi sopir, lumayanlah buat sehari-hari," kata Sarip saat berbincang dengan Metrotvnews.com, Kamis (13/8/2015).


Angkot yang dikemudikan Sarip (MTVN.Arga)

Remaja yang tak lulus bangku sekolah menengah atas ini nekat jadi sopir lantaran sulit mencari pekerjaan. Dengan modal nekat belajar menyetir, Sarip memilih jadi sopir angkutan umum. Apalagi, ada teman seusianya yang juga menjadi sopir.

"Dulu karena diajak teman, belajar sebentar diajarin, sudah bisa, percaya diri saja bawa," katanya dengan logat Sunda yang kental.

Meski tak mau menunjukkan, Sarip mengaku, mengantongi surat ijin mengemudi (SIM). Padahal, jika dilihat dari umurnya yang belum genap 17 tahun, mustahil dia memiliki SIM.

Sarip seolah tak peduli dengan tidak adanya SIM. Sebab, kata dia, dirinya jarang berurusan dengan polisi lalu lintas, lantaran tak pernah ada razia di jalur Bintaro menuju Lebak Bulus. Jikapun ada razia, kata dia, biasanya digelar di wilayah Pasar Jumat, Jakarta Selatan.

"Razia polisi paling yang kena motor diberhentiin, angkot jarang. Asal kita enggak ada masalah kaya serempet, atau nabrak gitu," paparnya.
 


(TII)

Aset Novanto Terancam Disita KPK

Aset Novanto Terancam Disita KPK

4 hours Ago

Penyitaan dilakukan untuk membayar sisa uang pengganti kerugian negara atas korupsi KTP-el, yan…

BERITA LAINNYA