Stok Sapi yang Digerebek Cukup hingga Akhir Tahun

Meilikhah    •    Kamis, 13 Aug 2015 17:49 WIB
daging sapi
Stok Sapi yang Digerebek Cukup hingga Akhir Tahun
Dirtipideksus Kombes Viktor Edi Simanjuntak ---Foto: MTVN/Githa Farahdina

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Brigjen Victor Edi Simanjuntak mengatakan, pihaknya masih melakukan olah tempat kejadian perkara terkait penggerebekan di dua lokasi feedloter di Tangerang, Banten.

Dari puluhan ribu sapi yang ditemukan dan ribuan di antaranya siap potong, menurut Victor, hewan mamah biak itu memenuhi stok pasokan daging untuk masyarakat hingga akhir tahun ini.

"Kemarin kita diskusi dengan Deptan (Kementerian Pertanian) dan KPPU. Kalau menurut hitungan mereka dan realisasi impor, itu stok sampai Desember. Kalau lihat kenyataan di lapangan saya percaya (stok cukup) sampai Desember," kata Victor di Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (13/8/2015).

Victor menjelaskan, jumlah itu baru ditemukan dari dua lokasi sampel penggerebekan. Jika ada lebih dari satu feedloter lagi, dia semakin yakin kuota daging sapi bisa mencukupi kebutuhan masyarakat dalam jangka waktu lebih lama.

Daging sapi mengalami kelangkaan (ilustrasi),--Foto: Antara/M Agung Rajasa

Dia juga meyakini, dugaan penimbunan puluhan ribu ekor sapi itu memang disengaja. Pasalnya, tercatat sejak sehari sebelum Idul Fitri, pengusaha dan importir sapi dari PT BPS dan PT TUM ini sudah menghentikan kegiatan potong hewan dan penjualan.

"Mulai sebelum Lebaran itu sudah dihentikan pemotongan, berarti kan memang mencoba untuk menahan," kata Victor.

Victor mengaku pihaknya kini bekerja sama dengan Kementerian Pertanian dan Peternakan untuk mengetahui data dan jumlah sapi yang masuk dan keluar melalui dua feedloter itu. Jika ditemukan ada kelebihan kuota yang sudah diatur oleh Kementan, Victor menegaskan, perbuatan itu masuk pidana.

"Kita periksa, berapa mereka sudah menerima atau mengimpor sapi dari dua tempat itu, nanti cek ke Departemen Pertanian. Departemen Pertanian itu mengalokasikan berapa, lalu kita ke Departemen Perdagangan berapa yang diajukan kuotanya untuk diimpor. Nanti realisiasnya kita cek ke bea cukai," jelasnya.


(MBM)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

9 hours Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA