Indonesia Siap Jadi Sekretariat Tetap MK se-Asia

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 13 Aug 2015 18:09 WIB
mahkamah konstitusisimposium mk
Indonesia Siap Jadi Sekretariat Tetap MK se-Asia
Mahkamah Konstitusi RI. Foto: MI

Metrotnews.com, Jakarta: Dalam pertemuan antarsekjen MK se-Asia muncul wacana pembentukan sekretariat tetap Asosiasi MK se-Asia. Sekjen MK RI Janedjri M. Gaffar mengatakan Indonesia siap jika memang terpilih menjadi sekertariat tetap Asosiasi MK se-Asia.

"Kita sudah siap," kata Janedjri di lokasi pertemuan, Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (14/8/2015).

Pihaknya, menurut Janedjri, telah menyiapkan semuanya dengan baik, dari soal organisasi hingga keuangan untuk mendirikan sekretariat tetap Asosiasi MK se-Asia di Indonesia.

"Organisasinya, tata kerjanya, sumber daya manusia, financial, semua sudah kami siapkan," kata dia.

MK RI bisa memanfaatkan gedung MK di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, untuk membangun sekretariat tetap Asosiasi MK se-Asia. "Kami akan gunakan SDM, sarana dan prasarana di MK. Kami sudah layak kok," ujar dia.

Menurut dia, akan banyak keuntungan yang akan diraih Indonesia jika terpilih menjadi sekretariat tetap MK se-Asia. Salah satunya, MK Indonesia akan menjadi sorotan MK negara lainnya.

"Akan jadi pusat putusan MK se-Asia bila sekretariat tetap berada di Indonesia. MK dari negara dapat saling tukar pengalaman. Putusan MK Indonesia saat ini sudah dijadikan rujukan negara lain, minimal diikuti oleh MK negara di Asia dan Eropa," tandas dia.


(TRK)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA