Fuad Amin Juga Simpan Uang di Rekening Ajudan Istri

Renatha Swasty    •    Kamis, 13 Aug 2015 18:59 WIB
fuad amin imron
Fuad Amin Juga Simpan Uang di Rekening Ajudan Istri
Fuad Amin/MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin diketahui tak hanya menyimpan harta miliknya di rekening pribadi atau ajudannya. Fuad ternyata juga memanfaatkan rekening ajudan sang istri, Siti Masnuri untuk menyimpan uang.

Hal ini diungkapkan Norah Sandrina Oktafiansyah, ajudan Siti Masnuri dalam persidangan di Pengadilan Tipikor. "Saya disuruh ke bank BTN sama ibu. Suruh bawa KTP katanya buka rekening punya bapak," kata Norah saat bersaksi buat terdakwa Fuad Amin di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (13/8/2015).

Saat itu Norah datang sendiri ke Bank BTN untuk membuka rekening. Sampai di sana, ajudan Fuad sudah menyiapkan uang untuk pembukaan rekening.

"Saya cuma isi datanya saja, nominalnya enggak tau," tambah Norah.

Tak hanya di bank BTN, Norah juga pernah diminta membuka rekening di bank Mandiri, dan bank Mega. Tapi, seperti pembukaan rekening lainnya, ia tidak tahu nominal jumlah setoran awal. Dia juga mengaku tidak tahu menahu perihal transaksi di dalamnya.

"Kalau soal setor uang Norah enggak tau," ujar dia.

Dalam dakwaan diketahui Jaksa penuntut umum mendakwa Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bangkalan nonaktif, Fuad Amin Imron, mencuci uang sebesar Rp229,45 miliar. Fuad dinilai berbuat jahat dengan menempatkan, mentransfer, membawa ke luar negeri, atau menyembunyikan hartanya.

Menurut jaksa, politikus Gerindra itu menempatkan duitnya di penyedia jasa keuangan dengan saldo akhir Rp139,73 miliar dan USD326,091 (sekitar Rp4,23 miliar). Dia juga membayar asuransi sejumlah Rp4,23 miliar. Fuad menggunakan duitnya untuk pembelian kendaraan bermotor sejumlah Rp7,177 miliar, tanah, dan bangunan sejumlah Rp94,9 miliar.

Akibat perbuatannya, KPK menjerat dengan Pasal 3 UU tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang juncto Pasal 65 ayat (1) KUHP. Ancaman penjara maksimal 20 tahun dan denda Rp10 miliar.


(OJE)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA