Jokowi dan Zulkifli Saling Puji

   •    Jumat, 14 Aug 2015 09:37 WIB
mpr adspidato kenegaraan
Jokowi dan Zulkifli Saling Puji
Pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo di Sidang Tahunan MPR 2015, Jumat (14/8). Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam pidato pembukaan Sidang Tahunan MPR-RI Presiden Joko Widodo dan Ketua MPR, Zulkifli Hasan saling lempar pujian. Dua pimpinan lembaga negara tersebut mengapresiasi kinerja masing-masing.

Mendapat kesempatan pidato pertama di Gedung Nusantara Komplek MPR-DPR, Jakarta, Jumat (14/8/2015), Zulkifli menyebut kalau sidang tahunan bisa berlangsung karena dukungan penuh Presiden. Ini membuktikan bahwa semua lembaga negara menjaga keharmonisan dan kekompakan.

Pelaksanaan sidang ini, kata Zulkifli, melalui proses cukup panjang dengan didahului rapat gabungan (MPR, DPR, DPD RI). "Kemudian pimpinan MPR dan pimpinan fraksi dan kelompok DPD menindaklanjuti dengan melakukan silahturahmi kepada Presiden RI dengan tiga lembaga negara, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, dan Komisi Yudisial. Dalam pertemuan itu, Presiden langsung memberikan dukungannya, begitu juga lembaga negara ini," kata Zulkifli.

Senada dengan Zulkifli, Presiden juga melontarkan apresisi pada MPR. Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan MPR telah membangun tradisi politik yang baik. Pujian Jokowi itu, dimaksudkan saat terjadi konstelasi politik pascapemilihan presiden 2014 lalu.

Menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, kata Jokowi, pimpinan MPR melakukan silaturahim kepada tokoh-tokoh bangsa. MPR juga menyampaikan undangan secara langsung kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih. "Juga kepada teman bertanding dalam pilpres yang lalu," kata Jokowi.

MPR, lanjut Jokowi, juga sedang melakukan gerakan nasional untuk membangun karakter bangsa dengan manifesto Ini Baru Indonesia. MPR terus melakukan sosialisasi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

"MPR periode 2014-2019 telah mengadakan sidang untuk melantik Presiden dan Wakil Presiden Terpilih hasil Pilpres 2014, di tengah keraguan masyarakat terhadap kesungguhan MPR untuk melantik Presiden dan Wakil Presiden Terpilih," ujar Jokowi.


(SAN)