Anggota Komisi VI DPR Tak Setuju Garuda Beli Pesawat Baru

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 14 Aug 2015 10:08 WIB
garuda indonesiadpr ads
Anggota Komisi VI DPR Tak Setuju Garuda Beli Pesawat Baru
Ilustrasi Garuda Indonesia -- FOTO: MI/Amiruddin

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi VI DPR RI Primus Yustisio menyatakan ketidaksetujuannya terkait rencana pembelian pesawat Airbus A350 pesawat oleh PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA).

Primus mengatakan kesamaan cara pandang dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli terkait hal ini. Meski dirinya mengakui seharusnya bukan Menko Maritim yang bicara.

"Saya belum ada pembahasan soal itu (rencana pembelian pesawat Garuda). Saya kebetulan di Komisi VI, komisi BUMN. Tidak usah Menko Maritim yang bicara, saya sendiri juga tidak setuju," kata Primus, di Gedung MPR-DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2015).

Meskipun menurutnya, Menko Maritim Rizal Ramli tidak tepat berbicara terkait hal tersebut lantaran lebih ke arah teknis. Ia mengungkapkan itu merupakan hal prerogratifnya sebagai hak prerogratifnya sebagai pembantu presiden. Ia menyetujui untuk membatalkan pembelian pesawat itu.

"Itu seharusnya lebih ke menteri teknis. Bu Rini, Menteri BUMN. tapi untuk menyampaikan itu apakah koridor yang benar. Memang hak prerogatif, tapi sebagai pembantu presiden memang mengingatkan semua pihak. Nanti kita lihat niat baiknya," ucap dia.

Sebagai informasi, kemarin usai serah terima jabatan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli meminta Garuda Indonesia membatalkan pembelian pesawat baru. Ia takut kalau Garuda akan bangkrut karena memborong 90 pesawat senilai Rp266 triliun.


(AHL)