Nagabonar, Menghidupkan Kembali Semangat Kemerdekaan

Putu Radar Bahurekso    •    Jumat, 14 Aug 2015 10:37 WIB
deddy mizwar
Nagabonar, Menghidupkan Kembali Semangat Kemerdekaan
Film Nagabonar (Foto: indonesianfilmcenter.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Film ini tayang pertama kali pada  1986, kemudian film ini dirilis kembali dengan memperbaiki kualitas baik gambar maupun suara pada tahun 2008.

Film Nagabonar dibintangi oleh Deddy Mizwar sebagai Naga Bonar, Afrizal Anoda sebagai Bujang, Nurul Arifin sebagai Kirana, dan Roldiah sebagai Ibu dari Naga Bonar.

Film ini memiliki latar saat perang kemerdekaan dan mengisahkan tentang seorang mantan tukang copet bernama Naga Bonar yang menjadi pimimpin sebuah laskar pejuang untuk mengalahkan Belanda.

Naga Bonar adalah sosok yang lucu, naif, setia kawan, dan nekat. Cerita film ini berpusat kepada tokoh Naga Bonar dan seluk-beluk kehidupannya, kepatuhannya pada sang ibu, kesetia kawanannya dengan Bujang, dan kisah cintanya dengan Kirana.

Ditulis oleh Asrul Sani, disutradarai oleh M.T Risyaf, dan diproduseri oleh Bustal Nawawi, film ini berusaha untuk melihat sebuah nilai-nilai kenegaraan, perjuangan, dan nasionalisme dari sisi yang jenaka.

Film ini merupakan tontonan yang tepat di bulan Agustus ini dimana nuansa kemerdekaan sangat kental. Buat yang belum menonton film ini, sedikit dikutip dari ungkapan terkenal film Nagabonar ini, “Apa Kata Dunia?”


(AWP)