Atasi Pelanggaran HAM, Pemerintah Bentuk Komite Rekonsiliasi

Fauzan Hilal    •    Jumat, 14 Aug 2015 11:20 WIB
pidato kenegaraan
Atasi Pelanggaran HAM, Pemerintah Bentuk Komite Rekonsiliasi
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara/Widodo S Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah membentuk komite rekonsiliasi untuk penyelesaian kasus pelanggaran HAM berat masa lalu. Dengan komite itu diharapkan generasi mendatang tidak memikul beban berat sejarah.
 
“Saat ini Pemerintah sedang berusaha mencari jalan keluar paling bijaksana dan mulia untuk menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM di Tanah Air. Pemerintah menginginkan ada rekonsiliasi nasional sehingga generasi mendatang tidak terus memikul beban sejarah masa lalu,” kata Presiden Joko Widodo dalam Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-70 RI, di Gedung Nusantara, Kompleks DPR/MPR, Jakarta, Jumat (14/8/2015).
 
Menurut Presiden, anak bangsa harus bebas menatap masa depan. Semua merupakan langkah awal pemerintah untuk menegakkan kemanusiaan di bumi Nusantara.
 
“Saya menegaskan kembali perlunya gerakan nasional revolusi mental. Gerakan tersebut akan menyuburkan kembali nilai-nilai semangat juang, optimisme, kerja keras, kesantunan, tata krama, dan memperkokoh karakter bangsa, serta memperkuat tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” tegasnya.

Menurut Presiden, Indonesia membutuhkan lebih banyak pejuang pembangunan yang menjunjung tinggi nilai-nilai Integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.
 
Pemerintah berkomitmen melindungi masyarakat adat yang menghadapi konflik agraria, menurunkan emisi karbon dengan menghentikan kebakaran hutan, mengelola hutan secara lestari, melindungi nelayan dari para pencuri ikan dari negara-negara lain, serta melindungi generasi mendatang dari ancaman bahaya narkoba.
(FZN)