PM Jepang Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan RI ke-70

Fajar Nugraha    •    Jumat, 14 Aug 2015 11:24 WIB
indonesia dan jepang
PM Jepang Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan RI ke-70
Presiden Joko Widodo dan PM Shinzo Abe (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Tokyo: Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengucapkan selamat HUT Kemerderkaan RI ke-70. Abe menilai Indonesia dan Jepang memiliki banyak persamaan.

Abe menyebutkan, "Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Jepang, dengan hati yang tulus saya ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan!".

"Indonesia menjadi negara yang pertama kali saya kunjungi pada Januari 2013 segera setelah saya dilantik sebagai Perdana Menteri Jepang pada masa jabatan kedua saya. Sejak itu saya telah empat kali mengunjungi Indonesia selama dua kali masa jabatan saya," ucap Abe, dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar Jepang yang diterima Metrotvnews.com, Jumat (14/8/2015).

Menurut Abe, Indonesia merupakan salah satu negara yang paling sering dikunjunginya. Bagi Abe ini menunjukkan betapa tingginya penghargaannya terhadap hubungan kedua negara.

"Bangsa kita memiliki banyak persamaan. Saya selalu mengagumi tradisi gotong royong yang senantiasa dipertahankan rakyat Indonesia. Ini mengingatkan saya pada kebiasaan saling membantu yang diwariskan secara turun-menurun dalam masyarakat tradisional Jepang," tutur Abe.

"Jepang, seperti Indonesia, adalah negara yang sering mengalami bencana alam. Pada 2011, Jepang terkena bencana gempa bumi dan tsunami yang dahsyat, dan saat itu rakyat kami menghadapi situasi yang sangat sulit. Ketika itu, dukungan dari Indonesia sungguh membangkitkan kami," sebut Abe.

"Salah satunya adalah lagu yang kami dengar datang bergaung dari Indonesia. Lagu itu berjudul Sakura yo, yang dinyanyikan banyak mahasiswa Indonesia. Liriknya—'Wahai Sakura, mekarlah... Mari Jepang, bangkitlah'—menyadarkan kami agar bangkit kembali. Saya pikir lagu ini akan menjadi lagu yang dicintai oleh rakyat Jepang maupun Indonesia," tutur Abe.

Abe menunjukkan ikatan antara Jepang dan Indonesia telah menjadi semakin kuat dalam beberapa tahun belakangan ini. Bersama dengan Presiden Jokowi, Abe sudah melakukan pertemuan tingkat tinggi sebanyak tiga kali. Pertemuan itu pun membuahkan hasil dan kedua kepala negara menyepakati komitmen untuk memperkuat kemitraan strategis.

Kemitraan strategis itu tentunya didukung oleh kelautan dan demokrasi berasaskan kerja sama saling menguntungkan, hubungan persahabatan yang baik, serta adanya kesamaan nilai-nilai dasar yang kita miliki. Guna mendukung hal tersebut, Jepang dan Indonesia pun telah meluncurkan program kerja sama bertajuk "PROMOSI: Program Promosi Investasi dan Ekspor Jepang-Indonesia."

"Dalam rangka memperingati Kemerdekaan Indonesia yang ke-70, dengan gembira saya menyatakan kembali bahwa Jepang mendukung sepenuhnya pembangunan ekonomi Indonesia yang kokoh dan terbuka di bawah kepemimpinan yang unggul dari Presiden Joko Widodo. Untuk tujuan tersebut, saya siap sedia untuk melanjutkan kerja sama dengan Presiden dalam pembangunan infrastruktur termasuk pembangkit tenaga listrik, jalur-jalur transportasi, terutama kereta cepat seperti Shinkansen," sebutnya.

Kami percaya bahwa sumber daya manusia merupakan landasan pembangunan. Untuk itu izinkan saya berbagi sebuah kisah yang bagus, yaitu tentang seorang pemuda Indonesia yang baru saja lulus dari sekolah tinggi teknik dan langsung dipekerjakan oleh sebuah pabrik mobil Jepang di Indonesia lebih dari empat puluh tahun lalu. Berkat kerja keras, pemuda tersebut kini telah berhasil menjadi direktur dari salah satu perusahaan terbesar di Indonesia.

"Jepang dan Indonesia telah melampaui berbagai macam tantangan. Saya percaya kedua negara kita dapat mempererat kerjasama demi kedamaian, kesejahteraan, serta lingkungan yang tertib bagi wilayah kita dan lebih luas lagi," pungkasnya.

"Sekali lagi saya ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan!" ucap Abe.


(FJR)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA